wisata edukasi ke museum gunung merapi

museum gunung merapi
lokasi: jalan boyong, dusun banteng, desa hargobinangun, pakem, sleman

"mungkin esok lusa aku kan tiada
 maka biarkan diriku menjadi terhanyut di dalam mimpi
 mungkin pagi ini saat kau kembali
 jangan biarkan diriku terhenti terhayut di dalam sepi "

#bagaikan-plus minus

pernah terbangun dan menemukan semua yang kau punya hilang? ngerasa cuma mimpi dan saat kau terbangun semua akan kembali. orang yang pernah kehilangan akan tau rasa na seperti apa. seperti orang-orang yang pernah menjadi korban bencana, salah satu na bencana gunung berapi.
diorama letusan merapi
letusan 2010
salah satu cara untuk mendpat gambaran tentang gunung berapi, kita bisa mengunjungi museum gunung merapi. sesuai nama na, lokasi museum ini di kaki gunung merapi dan mayoritas menceritakan tetang salah satu gunung berapi aktif di pulau jawa ini.

how to get there:
- dari jogja ke arah kaliurang lewat jalan jogja-turi
- sampai ke perempatan pakem, belok ke kanan
- sebelum ketemu spbu di sebelah kanan jalan, belok ke kiri
- naik terus sampai ketemu kompleks museum di sebelah kanan
jika ragu, ikuti saja petunjuk ke arah museum gunung merapi walau jarang terlihat tapi cukup akuarat

museum yang kompleks na dilengkapi dengan taman dan area parkir luas ini diharapkan dapat menjadi geowisata untuk wahana edukasi gunung api, gempa bumi dan bencana alam lain na. untuk mendapatkan informasi yang terangkum di dalam na, pengunjung cukup membayar tiket masuk 3 rb, atau 5 rb jika ingin sekalian menyaksikan film pendek tentang letusan merapi. informasi yang disajikan dikemas dengan konsep rekreaksi-edukatif, semacam taman pintar khusus gunung berapi terutama merapi. 
miniatur merapi
bagian dalam museum dibagi menjadi beberapa zona. begitu masuk pengunjung akan di sambut minuatur gunung merapi beserta penjelasan kronilogi letusan na dengan suara gemuruh serta magma dan asap yang terus-terusan menyembur dari puncak na. cukup dengan menekan tombol yang tersedia di depan na. sedikit ke dalam kita akan melihat volcano world yang berisi alat peraga dan foto gunung berapi di seluruh dunia. 
pertumbuhan kubah
masih di lantai satu kita akan melihat informasi lengkap tentang gunung merapi dari sisi gunung api, kegempaan, gerakan tanah, pembentukan maupun proses yang menyertai na sampai mitos yang ada tentang gunung merapi. selain itu terdapat juga jenis-jenis batuan hasil letusan merapi dan barang-barang yang selamat dari sisa letusan.
motor sisa letusan
di lantai 2, selain terdapat studio untuk pemutaran film juga terdapat mitigasi bencana gunung api, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah. selain itu banyak juga dipasang koleksi replika letusan merapi dan foto beberapa letusan gunung api di indonesia berupa art exhibition yang seakan membawa pengunjung turut serta masuk ke kawah lava.
perjalanan ke kawah
i'm here
cukup memuaskan denga ticket masuk yang relatif murah. belum lagi suasana alam yang ditawarkan selama perjalanan dan di luar museum. sungai-sungai kecil yang jernih di tepi jalan. pengen rasa na berhenti sebentar dan merendam kaki di sana. mendinginkan badan dan pikiran yang sering panas selama ini :D. 
-***-
related posts: 
- next: museum affandi
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment