little myanmar itu taman alam lumbini

miniatur shwedagon
travel date: 25 oktober 2013
website: http://www.tamanalamlumbini.org/

"i don't care if mondays black
 tuesday, wednesday - heart attack
 thursday, never looking back
 it's friday, i'm in love"

#friday i'm in love-the cure

i like friday. terutama jumat kali ini dengan perjalanan gila tanpa rencana. asal jalan berbekal navigasi 'nanya orang'. bingung bentar ga masalah selama selamat sampai tujuan. selalu ada akhir yang indah dari sebuah perjuangan, little myanmar di berastagi, taman alam lumbini (TAL).

how to get there:
- naik angkot warna merah nomor 135 dari terminal amplas ke simpang pos (4ribu)
- naik bus murni (10ribu), turun di simpang togog -pertigaan yang ada tugu jeruk di tengah na-. perjalanan cukup lama. siap-siap kalo udah melewati petunjuk 'pemandian air panas sibayak' di sebelah kanan jalan
- naik angkot warna kuning sinanggang sira (2ribu) turun di depan akses masuk TAL. bilang ke supir na turun di pagoda. jarak na cukup dekat, bisa jalan kaki dari simpang togog kalo mo sekalian menggerakkan badan setelah lama duduk di angkot
- jalan kaki melintasi kebun strawberry sampai ke depan vihara sekitar 700 meter
kebun strawberry
untunglah perjalanan jumat ini cerah walaupun mendung berastagi sempat menyambut. kata na kota ini lebih sering hujan dibanding bogor yang memang dijuluki kota hujan. sinabung pun sedang beristirahat sejenak dari aktivitas vulkanik na sehingga perjalanan kali ini bisa dibilang sempurna. 

masuk ke TAL tidak dipungut biaya. pengunjung hanya perlu mengisi buku tamu serta bersikap dan berpakaian sopan mengingat ini adalah tempat ibadah. selain itu pengunjung tidak boleh membawa makanan dan minuman ke dalam. petugas cukup ketat dengan aturan ini. bukti na air mineral 1,5 liter rhe kena sita atau bisa dititipkan ke pos jaga. sebagai tempat ibadah, hanya mereka yang akan melakukan ibadah saja yang boleh masuk ke bangunan utama. mungkin supaya turis-turis yang datang tidak mengganggu mereka yang sedang melakukan kegiatan agama na. alhasil rhe hanya bisa mengitari pagoda yang merupakan replika pagoda shwedagon ini. 
hasil narsis tanpa bantuan
pagoda yang asli terdapat di yangon-myanmar dan merupakan pagoda paling agung di dunia. nama na berasal dari shwe bearti emas dan dagon adalah nama terdahulu dari kota yangon. so shwedagon arti na pagoda emas di kota dagon -kalo di berastagi jadi shwetagi dunk :D-. pagoda tersebut dibangun oleh 2 bersaudara dari myanmar, tapussa dan bhallika, saat sang buddha gautama masih hidup. kedua bersaudara ini bertemu sang buddha yang baru mencapai kesempurnaan saat memimpin karavan ke india. mereka kemudian memberikan persembahan yang dibalas dengan 8 helai rambut buddha. saat kembali ke kampung halaman, penguasa okkapala -nama sebelum yangon- yang mendengar kabar tersebut menyimpan relik suci dengan membangun pagoda khusus, pagoda shwedagon.

kisah tersebut menjadi inspirasi dibangun na replika pagoda shwedagon pada tahun 2007 di kompleks internationals buddhis center (IBC). pagoda yang selesai dibangun pada tahun2010 ini mempunyai tinggi 46.8 meter dengan panjang dan lebar 68 meter. susunan na terdiri dari 1 pagoda besar, 8 pagoda kecil, 1 pilar asoka dan 4 rupang buddha sakyamuni yang terbuat dari giok myanmar utuh. sama dengan pagoda asli na, replika shwedagon juga memiliki kesakralan tinggi. pengunjung yang ingin berdoa dapat melakukan sembahyang searah jarum jam mengelilingi area mandala sebanyak 3 kali. 
persinggahan di sekitar taman
TAL tidak hanya terdiri dari replika shwedagon. bagi pengunjung yang tidak bisa masuk ke dalam na, di sekitar pagoda juga terdapat fasilitas lain seperti baktisala theravada yang merupakan aula doa, restoran vegetarian, toko souvenir dan yang cukup menarik adalah taman dengan rumah singgah. seperti na persinggahan ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin bersembahyang dalam waktu lama. di taman ini juga terdapat tanaman-tanaman langka dan jembatan cinta kasih -yang benar-benar ada simbol hati na-. jembatan ini dibangun sebagai alat bantu untuk memudahkan mobilitas umat dan pegawai IBC TAL tapi malah menjadi salah satu daya tarik pengunjung.
jembatan cinta kasih
masih belum terlalu siang saat rhe meninggalkan lokasi. masih banyak petani yang beraktivitas di kebun sekitaran TAL. ternyata ini adalah perkebunan organik yang termasuk dalam program IBC. perkebunan ini menjadi salah satu media pemberdayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia IBC TAL yang mengutamakan kesehatan publik. TAL organic farm berkomitmen untuk menghasilkan produk sayur mayur dan buah-buahan sekaligus membuka lapangan kerja bagi warga tanah karo yang diharapkan dapat membantu menaikkan kegiatan ekomoni daerah. sebuah contoh salah satu hubungan harmonis antar umat beragama. satu catatan dan pengalaman perjalanan baru, ketika kita bisa memaknai perjalanan dan pengaruh dari destinasi yang kita kunjungi. 
-***-
related posts: 
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment