banyunibo a.k.a air terjun

sekilas pemandangan banyunibo

'tonight
 we are young
 so let’s set the world on fire
 we can burn brighter than the sun
'

#we are young-fun. feat janelle monae 

girl in action full team -padahal cuma 3 orang- yang menjadi rekan eksplor jogja kali ini. team yang sudah ada sejak 14 tahun lalu dengan umur setengah usia anggotanya. mengapa bisa demikian? karena kami suka jalan-jalan, ga baperan dan yang penting, sebisa mungkin menyisipkan waktu bermain bersama di antara kesibukan jadwal masing-masing. 
melihat banyunibo leih dekat
bukan sekedar nongkrong di mall, nonton atau makan. kami pun menyempatkan mengeksplorasi jogja yang bukan hanya kota asalku tetapi juga tempat kami saling mengenal satu sama lain. malukan jika aku yang ngakunya cah jogja tapi tidak tahu potensi wisata kota sendiri. maka sebelum orang lain memberitahumu, aku ingin menunjukkan satu tempat -tidak baru- yang perlu kau tahu supaya kunjungan ke jogjamu ga itu-itu.

kota budaya yang juga kaya dengan alamnya ini memiliki beberapa air terjun tersembunyi, salah satunya air terjun banyunibo. menjadi mata air yang biasa dikunjungi warga membuatnya kurang terekspos di kalangan backpacker maupun wisatawan. maka tidak heran jika akses ke lokasi ini masih cukup susah, dalam artian belum ada petunjuk jalan. 
bagian-bagian banyunibo
nama banyunibo sendiri merupakan sebutan harafiah yang bearti air jatuh atau air terjun. lokasinya tidak jauh dari curug pulosari. sebenarnya aku sedikit risih dengan penyebutan curug karena kata tersebut bukan berasal dari bahasa jawa tetapi dipilih digunakan untuk mempermudah penyebutan bagi wisatawan. saat liburan lebaran 2016, air terjun yang berada di daerah bantul ini dapat ditemukan masih dengan bantuan lisan dari warga setempat. belum tahu apakah sudah ada perkembangan saat ini.

dengan debit air yang tidak terlalu deras, banyunibo tidak memberikan memandangan menarik sampai kau turun lebih dekat lagi. airnya yang jernih dan cenderung biru memberikan view menarik saat dibingkai dengan batuan bewarna coklat yang membentuk dinding maupun kolam-kolam kecil di sekitarnya. ada beberapa bagian kolam air yang bisa kau pilih untuk bermain. mulai dari yang terdalam di bawah air terjun, yang dangkal di bagian tengah sedangkan yang kedalamannya menengah ada di ujung aliran sebelum berubah menjadi sungai.
lokasi aman berburu foto banyunibo
air terjun banyunibo sangat mudah dijangkau dengan berjalan kaki dari rumah warga terdekat tempat kami menitipkan motor. karena lokasinya dekat dengan pemukiman maka jangan heran jika yang tampak pertama kali adalah suasana pekarangan. siapkan camilan dan air minum karena tidak ada warung di sini. sedangkan untuk fasilitas kamar kecil jika kau sangat membutuhkannya dapat menumpang di rumah warga.

so, siap tersesat ke tempat ini? -***-
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Sayang banget debit air nya dikit yaaa, kalo banyak dan deras pasti makin kece

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, jadi ga bisa pamer bikini #lho

      Delete