jakarta untuk pemula

selamat datang di jakarta

ngomongin jakarta pasti tidak pernah ada habisnya. kota utopia yang banyak memberikan iming-iming hidup makmur dan layak dengan banyaknya lapangan pekerjaan ini membuat pendatang tidak henti-hentinya masuk ke jakarta. walaupun terkenal dengan banjir dan kemacetannya, tetap saja tidak mengurangi daya tarik kota ini.

buat kamu yang belum pernah dan ingin berkunjung ke sini, inilah spot murah -dan beberapa gratis- yang dapat dikunjungi dalam sehari. jangan ngaku sudah ke jakarta kalau belum mengunjungi tempat-tempat ini.

skrining jakarta dengan bus tingkat
bus city tour yang siap membawa keliling jakarta
mengelilingi secuil jakarta dengan bus tingkat bisa dijadikan opsi pertama untuk menjelajah kota sebelum menuju destinasi yang lebih spesifik. bus 2 tingkat ini beroperasi setiap hari dari pukul 9 pagi sampai 7 malam. khusus di hari minggu jam operasi dimulai pukul 12 siang. untuk menaiki bus ini, penumpang tidak ditarik biaya apapun.

rute yang dilewati bus city tour adalah bundaran hotel indonesia (HI), museum nasional, pecenongan, pasar baru, masjid istiqlal, monas 1, monas 2, balai kota dan sarinah. sekali putaran menghabiskan waktu sekitar 45-60 menit. karena banyak yang tertarik menggunakan bus ini, sebaiknya menaiki bus dari halte pasar baru yang antriannya tidak terlalu panjang. sedangkan halte yang paling sering dipadati pengunjung adalah halte monas dan museum nasional. setiap halte bus city tour berdekatan dengan halte bus transjakarta -kecuali halte bundaran HI yang saat ini dirombak untuk pembangunan MRT- sehingga dapat dijangkau dari mana saja.

santai sejenak di sekitaran monumen nasional (monas)
monumen nasional
ada yang tidak tahu tempat ini? tugu setinggi 132 meter ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat indonesia dalam merebut kemerdekaan. di dalamnya terdapat diorama perjuangan para pahlawan sedangkan di bagian atasnya terdapat tugu lidah api berlapis emas.

pengunjung bebas masuk ke area disekitaran tugu monas yang juga dilengkapi dengan taman. sedangkan untuk masuk dan naik ke bagian cawan -atau bahkan puncaknya- pengunjung harus membayar tiket masuk. jika ingin masuk ke dalam sebaiknya bangun lebih pagi karena setelah jam setengah delapan dipastikan antrian pengunjung yang ingin masuk ke dalam sudah mengular. untuk menuju ke tempat ini cukup menggunakan bus transjakarta dan turun di halte monas.

mencari gajah di museum nasional
bagian dalam museum nasional
masih di sekitaran halte monas terdapat museum nasional yang lebih dikenal warga setempat dengan sebutan museum gajah. sebutan ini berasal dari patung gajah yang berada di halaman depan museum. patung mungil ini terbuat dari perunggu yang merupakan hadiah dari raja chulalongkorn dari thailand. selain sebutan museum gajah, museum nasional juga sering disebut dengan gedung arca karena koleksi berbagai jenis arca yang ada di dalamnya.

selain arca, museum ini juga menyimpan koleksi sejarah, pra sejarah, geografi, etnografi, arkeologi maupun keramik. untuk masuk ke dalam museum pengunjung cukup dikenakan biaya 5 ribu rupiah. jangan khawatir soal panas karena ventilasi udara di dalamnya cukup baik. bahkan di beberapa ruangan juga dilengkapi dengan pendingin ruangan.

melihat satwa di ragunan
taman marga satwa ragunan
ragunan merupakan salah satu public area yang ramai pengunjung. selain karena aksesnya yang mudah -menggunakan bus transjakarta jurusan ragunan- tiket masuknya pun murah -4 ribu-. fungsi utamanya adalah sebagai kebun binatang yang di dalamnya terdapat pusat konservasi primata schmutzer. berbagai mamalia, reptil, burung maupun ikan juga ada di sini. tidak puas dengan koleksi fauna, kebun binatang ragunan juga menyediakan koleksi flora.

selain sebagai kebun binatang, di area ini terdapat taman dan kawasan hijau yang biasa digunakan pengunjung untuk rekreasi atau olah raga pagi. jika ingin berpiknik sebaiknya datang lebih pagi karena kawasan taman biasanya sudah ramai dengan gelaran tikar dari pengunjung atau taman kanak-kanak yang mengadakan acara di sini. kapan lagi bisa menemukan suasana asri di tengah gedung-gedung pencakar langit jakarta.

jangan lupa gunakan alas kaki yang nyaman untuk menjelajah karena areanya cukup luas. jika malas berjalan, kamu bisa bersepeda atau menunggang kuda atau delman yang disewakan di sini.

menjelajah taman mini indonesia indah (TMII)
indonesia terapung di TMII
tidak hanya mengintip jakarta, di kota ini kamu bahkan bisa menjelajahi indonesia. dimana lagi kalau bukan di TMII. lokasi ini bisa dijangkau dengan meggunakan bus transjakarta  dan dilanjutkan menggunakan angkot ke pintu masuk teater keong emas. untuk masuk ke taman wisata pengunjung diwajibkan mebayar tiket masuk seharga 10 ribu. di dalamnya terdapat anjungan dari 33 propinsi di indonesia, tempat ibadah dan berbagai taman mulai dari taman bunga sampai taman kupu-kupu.

sebagai salah satu wahana rekreasi, TMII menyediakan berbagai wahana seperti kereta areomovel yang digerakkan dengan tenaga angin, balon raksasa, theater 4d, pemancingan telaga mina, istana anak-anak indonesia, teater imax keong emas dan snowbay water park. serta yang paling wajib dicoba adalah kereta gantung yang bisa melihat miniatur indonesia dari atas. mengapa wajib dicoba? karena selain bisa melihat miniatur indonesia yang tidak tampak jelas jika kita berjalan di sekitarnya, kunjungan dengan kereta gantung juga bisa menjadi skrining awal spot menarik yang ingin kita kunjungi. pegel juga kan kalau setiap ajungan dari 33 propinsi kita datangi satu per satu.

jakarta memang kota yang besar. tapi tidak akan terasa demikian jika kamu sudah mengenalnya lebih dalam. ingat niat, ingat tujuan, ingat mimpi di setiap waktu. jakarta siap menerima siapapun yang berniat baik dan membantu mewujudkan mimpi mereka. 

so... bagaimana, sudah tahu mau ngapain di jakarta? -***-

tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "blog competition #TravelNBlog 4: jakarta 24 jam" yang diselenggarakan oleh @TravelNBlogID
NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Foto ragunannya lucu ... itu dimana yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di depan ticketing pusat konservasi primata schmutzer mas. jangan nyoba foto dengan patung ini ya, harus nyeberang kolam :D

      Delete
  2. Jadi malu baca postingan ini, yg ngga pemula (alias asli Jakarta) juga belom berkunjung nih. Belum naik city tour dan belom berkunjung lagi ke museum national sejak renov :(

    ReplyDelete
  3. Baca ini jadi pingin main ke TMII lagi.. Udah lama banget gak ke sana. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. taman kupu-kupunya cukup ngangenin walau koleksinya ga banyak.
      makasih udah main-main ke blogku mba' :)

      Delete