welcome to naminara republic


selamat datang di pulau nami!

welcome to naminara republic
salah satu dari 2 pulau tenar di korea, pulau jeju dan pulau nami. karena butuh effort dan waktu untuk sampai ke pulau jeju dari seoul, maka kita coba yang dekat dulu. pulau mungil setengah lingkaran yang diciptakan dengan menimbun bagian tengah sungai bukhan, namiseom.

gunakan sebutan namiseom saat bertanya ke warga lokal jika kau menginginkan jawaban yang cepat. sebutan ini akan lebih cepat mendapatkan respon dibandingkan jika kau bertanya tentang nami island. apalagi jika lawan bicaramu adalah orang paruh baya.
dermaga menuju pulau nami
perjalanan ke namiseom dapat ditempuh selama kurang lebih 3.5 jam dari incheon airport dengan menggunakan bus ke gapyeong seharga ₩ 20.900. dilanjutkan dengan menggunakan bus lokal seharga ₩ 1.250 yang langsung turun di depan pelabuhan tempat kau membeli 'visa' ke nami seharga ₩ 13.000 untuk sekali kunjungan.

pulau nami bagiku hanyalah check list dalam to do list di korea. semacam belum sah ke jakarta kalau belum ke monas. atau jika mengingat ini adalah taman hiburan menurutku, belum sah ke jakarta kalau belum ke ancol. tidak ada yang istimewa selain taman hiburan yang dikonsep bagus oleh tim pariwisata korea sehingga berhasil mengaet ribuan turis setiap tahunnya untuk berkunjung ke sini. memang taman hiburan pulau nami ini dilengkapi dengan fasilitas hiburan mulai dari kereta wisata, kolam renang, sepeda keliling sampai hotel yang berada di dalamnya.

nama pulau nami sendiri diambil dari pahlawan korea yang memiliki kisah kematian yang tragis. jenderal nami pada jaman dinasti joseon saat pemerintahan raja sejo (1441-1468) merupakan orang yang terkenal karena kecerdasannya. lulus pada urutan pertama saat ujian militer di usia 17 tahun dan diangkat sebagai menteri pertahanan pada usia 25 tahun. tapi karena keirian rekan-rekannya yang menyebar gosip akan menggulingkan posisi penerus, raja taejong (penerus raja sejo) yang termakan oleh gosip tersebut memberikan hukuman mati ke jenderal nami.
to be crazy in namiseom
jenderal nami beserta ibu dan prajuritnya dieksekusi. jasad beliau disemayamkan di sini dan digunakan sebagai nama pulau ini setelah raja sunjo pada tahun 1818 mengetahui kesalahpahaman tersebut dan mengembalikan nama baik jederal nami dan memberi gelar 'chung-mu'. image dan kisah kelam ini berganti menjadi romantis setelah pulau nami digunakan sebagai lokasi shooting drama winter sonata tahun 2002.

walaupun aku belum menonton lengkap serial ini tapi aku tahu bahwa drama inilah yang sukses membawa hallyu ke asia, salah satunya indonesia. aku tidak tahu bagian mana saja yang digunakan untuk lokasi shooting tapi spot favoritku tetap di riverside walking course. tanpa ada nuansa-nuansa salju. mayoritas spot di sini dihiasi dengan imitasi boneka salju yang menggambarkan drama tersebut.
riverside
riverside walking course
riverside favorite spot
spot menarik lainnya adalah central white pine tree laneginko tree lane dan metasequoia lane. tak lupa winter sonata sculpture and photo galery, plus banyak-banyak imitasi boneka salju. untuk sampai ke pulau ini diperlukan waktu menyeberang dengan ferry selama 10 menit, tapi jadwal keberangkatan ferry setiap 1 jam. jadi harap sesuaikan lama kunjungan dengan jadwal keberangkatan ferry jika kau tidak ingin membuang banyak waktu menunggu.
central white pine
ginko tree lane
metasequoia lane
kebetulan aku bukan orang yang cukup beruntung dengan jadwal ferry. kedatangan kami bersamaan dengan keberangkatan ferry sehingga kami harus menunggu 1 jam untuk sampai di seberang. setelah beredar di dalam pulau sekitar hampir 2 jam, kami pun balik dengan kisah yang sama. jadi total kunjungan 4 jam ke nami 2 jamnya dihabiskan untuk menunggu ferry. 
winter sonata sculpture
winter sonata photo galery
menurutku 4 jam atau lebih adalah waktu ideal untuk mengeksplore tempat ini. walaupun tampaknya pulau ini tidak terlalu luas, tapi 2 jam bagiku terlalu singkat. banyak yang kami lewati karena keterbatasan waktu untuk menyesuaikan jadwal bus menuju kota berikutnya. kalau kau sudah pernah eksplore sampai bagian mana pulau?
***
previous:
next:   
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment