kenangan pedih di war remnants museum

war remnants museum
mengunjungi dan menulis tentang museum ini aku merasa dikhianati. warna orange, favoritku, yang selama ini identik dengan joy, sunshine dan enthusiasm ternyata memiliki arti lain. di sini, di vietnam, orange membawa kenangan pedih, bahkan sampai saat ini, saat kau menyebutkan 'zat orange'.

zat orange adalah cairan kimia pembasmi 'gulma' yang merupakan bagian dari rainbow herbicides. terdiri dari bahan dioksin berbahaya yang sangat umum digunakan sebagai bahan pembasmi, zat orange merupakan bahan paling ampuh yang dimiliki oleh militer amerika sebagai pembasmi karena mengandung 2,3,7,8-tetrachlorodibenzo-p-doksin, dioksin paling berbahaya dari senyawa-senyawa dioksin yang sering kita jumpai. selain zat orange ada juga zat pink, ungu, hijau, putih dan biru. bahkan zat orange sendiri dapat dicampur dengan berbagai kombinasi sehingga muncul zat lain seperti orange 1, orange 2 bahkan super orange.
pameran zat orange
ini bukan sekedar pengetahuan tentang warna atau zat kimia, ini adalah sebuah kenangan kelam dan menyakitkan bagaimana zat orange mengubah orang vietnam yang beberapa pengaruhnya terekam pada koleksi pameran war remnants museum. bahan kimia ini menimbulkan dampak yang menghancurkan bahkan lama setelah perang vietnam berakhir. kebanyakan dampaknya berupa masalah kesehatan serius seperti kanker, kelainan bawaan, ruam serta masalah psikologi dan neurologi. untuk alasan kemanusiaan aku tidak akan menampilkan koleksi museum pada area zat orange di tulisan ini.
koleksi dalam war remnants museum
zat orange sendiri awalnya disebarkan melalui udara oleh pihak militer amerika untuk menghancurkan hutan tempat para pasukan gerilya vietnam bersembunyi serta merusak lahan pertanian warga sehingga tidak dapat menghasilkan hasil bumi. serangan udara ini menjadi salah satu alasan pejuang vietnam membangun terowongan-terowongan bawah tanah yang beberapa masih dipertahankan di cu chi tunnels.
koleksi luar war remnants museum
selain kenangan zat orange, museum yang buka setiap hari ini juga memasang pameran tentang aksi perjuangan vietnam dalam merebut kemerdekaannya. dimulai dengan perjuangan melawan perancis pada tahun 1858 sampai deklarasi kemerdekaan tahun 1945. tapi ternyata vietnam belum sepenuhnya merdeka. selama 30 tahun mereka harus diam menghadapi imperialis amerika sampai mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya pada 30 april 1975.
koleksi tank dan aircraft
museum ini didirikan pertama kali sebagai galeri pada 4 september 1975 dengan nama the gallery of american crime. memang koleksi di sini kebanyakan tentang aksi perjuangan vietnam melawan amerika. sedangkan bukti perlawanan vietnam kepada perancis lebih banyak tersimpan di bagian utara negara ini. nama war remnants museum yang ada saat ini baru ada sejak 1995 menggantikan nama war crimes of aggression gallery yang disandang tahun 1990.
dove movement
poster perdamaian dunia
pada setiap bagian pameran memiliki tema-tema tersendiri. paling membekas buatku tentu saja bagian zat orange. ada bagian khusus tentang koleksi amerika yang merupakan penjajah mereka untuk mengingatkan generasi muda vietnam tentang perjuangan meraih kemerdekaan juga menanamkan jiwa anti perang serta menjaga kedamaian dan persaudaraan sesama manusia. halaman museum juga dimanfaatkan sebagai ruang pameran yang memajang koleksi tank dan aircraft.
guillotine
buat kau yang suka dengan sejarah, museum ini sangat menarik untuk dikujungi. sekalipun kau tidak suka dengan sejarah, percayalah kau akan tersentuh dengan koleksi yang ada di war remnants museum, oleh aksi para pahlawan nasional maupun oleh apa yang dialami para korban perang. zat orange yang membawa kerusakan parah baik bagi korban maupun generasi sesudahnya, anak-anak yang kehilangan mimpinya atau mereka yang bahkan belum sempat mengecap udara dunia. semoga kekejaman ini tidak terulang kembali.
-***-
related posts: 
previous: 
- next:
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment