hutan pinus 'gunung' pancar

selamat datang di wisata gunung pancar
"in the jungle, the mighty jungle
 the lion sleeps tonight
 in the jungle the quiet jungle
 the lion sleeps tonight"

#the lion sleeps tonight-the tokens

main-main selanjut na memang ke hutan -cuma ga ketemu lion-. hutan pinus gunung pancar atau lebih sering disebut dengan wisata gunung pancar menyajikan hutan pinus -tentu na- dan fasilitas wisata alam yang lain.

how to get there:
- dengan mobil sewaan (400 rb mobil doang, belum termasuk bensin, tips, uang makan supir, uang tol dll) jalan dari jakarta-sentul ke arah jungle land
- perempatan sebelum masuk jungle land belok ke kanan, jalan na agak menanjak
- ikuti jalan, klo ketemu pertigaan -dijaga 2 orang berbaju hansip yang minta pungutan setiap kita melintas- ambil jalan yang ke kanan sampai ketemu gerbang retribusi (9 rb/orang, 15 rb/mobil)
memasuki hutan pinus
wisata gunung pancar merupakan salah satu kawasan wisata alam di daerah sentul. sebutan gunung pancar berasal dari warga lokal yang mempercayai keberadaan bukit ini sebagai pondasi atau pasak saat bumi masih rata supaya tidak terjadi gempa. nama 'pancar' sendiri arti na yang muncul pertama.

sebutan gunung seperti na kurang tepat untuk lokasi ini karena hanya berupa daerah tanjakan dari arah jalan raya -bahkan untuk disebut bukit aja rhe masih ragu-. ketidaksetujuan ini didukung oleh kontur tanah yang tidak terlalu tinggi dan suhu udara yang relatif normal serta cenderung panas, bukan hawa sejuk pegunungan atau dataran tinggi pada umum na.
hutan pinus
sedangkan untuk hutan pinus na, bolehlah sedikit dilirik. buat yang paham botani, di sini bisa ditemukan berbagai jenis tanaman selain pinus seperti rasamala, puspa, rotan, jamuju, saniten dan masih banyak lagi. kata na beberapa jenis satwa juga bisa ditemui. walo sebenar na rhe ragu dengan info ini cz kondisi ramai seperti na tidak memungkinkan untuk satwa liar -yang peka terhadap keramaian- berkeliaran seenak na -selain ular ya-.
look up
gunung pancar memang menyajikan pemandangan hutan pinus sebagai daya tarik utama. kebanyakan orang hanya menikmati susunan pinus yang -kata na- bisa menyerap hawa negatif ini. ga usah khawatir dengan tracking di tengah hutan cz di sini sudah ada jalur batu di tengah pepohonan pinus. buat mereka yang malas berjalan kaki menikmati hutan, rimbun na pinus bisa langsung dinikmati di tepi jalan raya, langsung dengan kendaraan bermotor. biasa na orang-orang seperti ini hanya berfoto dengan latar belakang pohon pinus dari mulai gaya kalem sampai monyong -menurut irfan-. terserahlah pengunjung lain bebas mau ngapain, mereka bayar ongkos masuk na sendiri ini.

hutan pinus ini sebenar na merupakan camping ground yang biasa digunakan untuk out bond ayau kemah. ada beberapa jenis camp yang disediakan di sini. buat mereka yang memang suka berpetualang di alam dan mau susah ada camping ground untuk mendirikan tenda sendiri. yang semi petualang tapi malas mendirikan tenda, ada tenda tentara yang sudah berdiri dan siap pakai untuk disewakan ke pengunjung. 
tenda tentara di camping ground
sementara bagi mereka yang terbiasa dengan kenyamanan, jangan ragu untuk tetap menikmati bermalam di hutan pinus karena di sini juga disediakan penginapan dengan bangunan permanen. kurang tau fasilitas di dalam na seperti apa cz memang ga berminat menginap di sini -n ga liat liat juga-. buat yang bangun tenda sendiri maupun nyewa, jangan khawatir dengan fasilitas toilet cz banyak tersedia di tengah camping ground. 

salah satu kawasan camping ground yang kami kunjungi aja terdapat 8 toilet bersih. cukup untuk membersihkan diri setelah bermain air di curug barong dan leuwi hejo. fasilitas kamar mandi di sini jauh lebih baik dan bersih dibanding di curug. tapi dengan syarat bersedia nahan dingin dan basah dari curug ya ;)
kelar basah-basahan n gegulingan
selama perjalanan dari curug ke gunung pancar baju yang kami kenakan sudah nyaris kering. alhasil keinginan mandi pun berganti dengan kesempatan narsis n gegulingan di rumput hijau yang tersebar luas di antara pepohonan pinus. gagal sudah mandi dan bebersih. tapi jika mau lebih bersih lagi, di lokasi ini juga terdapat pemandian air panas. letak na di ujung pertigaan setelah hutan pinus. ambil jalan lurus ke arah pemandian yang bisa dilalui dengan tambahan bea masuk 10 ribu.
ntah apa yang mereka lakukan
sayang na kami lebih tertarik menikmati hijau na rumput dan pepohonan pinus dibanding air panas -udah puas main air seharian- sebelum lapar memanggil kami untuk beranjak. buat yang gemar dengan wisata alam, lokasi ini bisa diselipkan dalam destinasi trip. tapi untuk menjadi tujuan utama seperti na ga terlalu worthed, kecuali memang berniat ngecamp atau bermalam di sini. btw, buat yang pengen ngecamp harap menyiapkan safety secukup na karena kata na di sini masih banyak ular berkeliaran. jangan sampai masuk ke tenda kalian ya :)
saat kata ga bisa terucapkan
-***-
related posts: 
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment