kebun teh nglinggo

kebun teh nglinggo
'show you another side of me
 a side you would never though you would see
 tear up that body
 dominate you 'til you've had enough'

#wild ones-flo rida

di jogja ada kebun teh, percaya ga? teh yang biasanya hidup di daerah pegunungan dapat ditemukan di jogja yang berada di antara gunung merapi dan pantai selatan, pasti sedikit membingungkan. aku juga, sampai akhirnya aku datang langsung ke lokasi dan membuktikan apakah memang benar ada kebun teh di kota ini.

walaupun tidak berada di kota jogja, kebun teh nglinggo masih termasuk dalam provinsi daerah istimewa yogyakarta. berada di desa samigaluh dan terletak di perbukitan menoreh, kulon progo. lokasinya mudah ditemukan selama kendaraanmu cukup fit karena kontur jalan perbukitan yang ekstrim naik turun. aku bahkan harus berjalan kaki karena motor rista tidak stabil di salah satu tanjakan. dan dengan berjalan kaki saja terasa nanjak-nya, apalagi dengan motor.
karakter kebun teh nglinggo
memasuki kawasan wisata desa nginggo, pengunjung dikenakan biaya 4 ribu per orang, belum termasuk biaya parkir 2 ribu dibayar langsung ke petugas. dari parkiran sudah terlihat hamparan tanaman teh di sebelah kanan dan hutan pinus di sebelah kiri. ternyata lokasi ini menyajikan wisata lain selain kebun teh itu sendiri.

perkebunan ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi baru mulai ramai terdengar ketika dijadikan sebagai kawasan wisata. pembibitan perkebunan ini dimulai tahun 1990. pada tahun 1991 penanaman mulai dilakukan di perbukitan yang berada di ketinggian 900 mdpl. dinas pariwisata diy kemudian meresmikan desa wisata nglinggo tahun 2004 sebagai salah satu wisata kebun teh.
bagian kebun teh nglinggo yang lebih banyak daun tehnya
aku tidak berharap banyak dari kebun teh ini sehingga tidak kecewa ketika melihatnya. hawa pegunungan dan pemandangan hijau boleh saja menyegarkan mata dan nafas. tetapi areanya tidak seluas kebun teh yang di kelola pt perkebunan nusantara. kwalitas tehnya juga tidak sebaik ptpn. lebih banyak daun teh tua dan juga pohon yang mulai mati mengering. belum daun dan batang yang rusak berpenyakit. selain itu hamparan pohon teh di sini tidak tampak terawat baik.

aku tidak tahu kwalitas seduhan teh ini karena tidak terdapat penjual teh nglinggo di kawasan perkebunan ini. jika ingin mencari teh yang dihasilkan dari perkebunan ini, kau harus turun ke bawah sekitar 5 km untuk menemukan koperasi petani teh. setidaknya kawasan wisata ini tidak hanya menyajikan pemandangan hamparan kebun teh sehingga perjalanan panjang ke lokasi menjadi lebih bermakna. berminat? -***-
NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Kok aku kangen menikmati pagi yang berkabut di emnoreh yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sudah semakin banyak tempat wisata di perbukitan menoreh lho :)

      Delete
  2. kulon progo nampaknya sedang naik daun
    banyak lokasi wisata yang dibuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya ada beberapa lokasi wisata yang sudah ada lama, cuma memang baru terdengar akhir-akhir ini. kebun teh ini aja sudah dibuka sebagai lokasi wisata dari 2004, tapi ya... baru dikenal setelah ramai di dunia maya >.<

      Delete
    2. seperti pisau 2 sisi -halah-
      di satu sisi memajukan wisata, tapi di sini lain mengurangi kelesatarian alam bagi lokasi yang belum siap (._.)

      Delete