bermain dengan 'shika' rusa nara

rusa nara
'please let me get closer
 and let me touch the core of your world
 as we are carrying on
 till all pain's gone'

#last love-rihwa

apakah aku berlebihan jika ingin memerlihara rusa setelah melihat binatang ini berkeliaran bebas di nara? rusa-rusa ini tidak dapat disebut sebagai binatang peliharaan tetapi juga bukan hewan liar karena sudah terbiasa dengan keberadaan manusia dan menjadi salah satu daya tarik wisata nara. jenis yang paling banyak ditemukan di nara adalah shika yang memiliki bintik putih di punggungnya.

legenda dari kuil kasuga menyebutkan mitos dewa takemikazuchi yang datang ke nara menunggangi rusa putih untuk mengawasi pembangunan kerajaan heio-kyo. sejak saat itu rusa di sini dianggap sebagai sebagai hewan suci penjaga kota nara. jangan heran jika kau akan menemukan atribut-atribut berbau rusa dimana pun kau berada di kota ini, baik di tempat wisata, kuil maupun rumah makan.
perhatian: rusa dapat menggigit, menyepak atau menyeruduk
jika kau ke taman kota nara kau akan menemukan puluhan rusa berkeliaran bebas. taman kota nara adalah kawasan publik yang berada di kaki bukit wakakusa dan merupakan salah satu taman tertua di jepang. kawasan dengan luas sekitar 502 hektar ini mencakup wilayah kuil todai-ji, kofuku-ji dan kasuga. taman-taman di sekitaran kuil tersebutlah yang ramai dihuni rusa karena banyaknya pengunjung yang datang dan memberi makan mereka.

sebelum terlalu dekat dengan rusa-rusa ini sebaiknya perhatikan peringatan yang ada. walau sudah terbiasa dengan keberadaan manusia kita tetap harus berhati-hati karena rusa di sini dapat menggigit, menyepak atau menyerudukmu. mereka biasa melakukan itu terutama jika melihat makanan. jika tidak memberi makanan atau menggoda mereka dengan makanan, jangan salahkan rusa jika peringatan itu benar. tampaknya di mata rusa semua yang menempel di manusia adalah makanan. seperti jaket salah satu pengunjung yang menjadi korban santapan rusa. berhati-hatilah jika membawa kertas karena itulah yang paling menarik rusa untuk mendekat dan memakan peta atau lembar apapun yang ada di tanganmu.
tingkah laku shika
rusa suka mendekati manusia untuk mencari makanan karena pengunjung sering memberi mereka senbei yang sengaja dijual untuk memberi makan rusa. kebiasaan memberi makan rusa dengan senbei bermula dari legenda dewa takemikazuchi di atas. namun sejak perang dunia kedua, rusa tidak lagi dianggap hewan suci melainkan sebagai kekayaan nasional yang harus dilindungi. upaya tersebut salah satunya dengan turut menjaga kelangsungan hidup rusa-rusa nara dengan memberi makan mereka. bayangkan jika pemerintah harus mengeluarkan dana untuk memberi makan semua rusa di taman kota yang dihuni puluhan bahkan ratusan rusa ini, sepertinya budget kementrian kebudayaan habis untuk pengadaan makanan rusa >.<

karena sering kontak dengan manusia dan -sepertinya- tidak ada pawang binatang, rusa-rusa ini berkeliaran dan bersikap seenaknya. bahkan beberapa di antara mereka justru memberi tatapan curiga kepadaku seakan mengatakan 'kau pengunjung, aku lho penghuni tetap tempat ini'. aku memang hanya pengunjung sehari di nara, karenanya aku ingin bertemu dengan rusa yang ramah dan lucu :). ada juga beberapa dari mereka yang asik sendiri dengan kerumunannya. moment paling menyenangkan adalah saat berada di antara kerumunan rusa yang tahu kau akan memberi mereka makan. konon katanya rusa-rusa ini sanggup memberi hormat kepada orang sebelum menyantap senbei dari pengunjung. tetapi ini terbukti padaku karena rusa-rusa ini langsung menyerbu saat melihatku membawa senbei
berbagai macam boneka rusa nara
rusa shika juga dijadikan maskot kota yang bernama shikamarokun. aslinya saja lucu, bagaimana dengan maskotnya, lucu banget. shikamarokun bahkan dijadikan stamp salah satu message operating dari jepang. selain shikamarokun, juga tersedia rusa-rusa dalam bentuk dan model lain. kemana saja kau berkunjung di kuil atau tempat wisata nara, kau akan menemukan orang yang menjual pernak-pernik berbau rusa. favoritku... tentu saja rusa pemalas yang tidak mau melepaskan senbei-nya :)
-***-
- full itinerary of this trip
- previous:
- next:
NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Kemarin pas trip Jepang mau ke Nara sehari tapi gak kesampean -_-. Padahal penasaran sama suasana Nara dgn kehidupan rusanya yg bebas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya... kau harus ke sana lagi, hahaha...
      makanannya juga juara b_d

      Delete
  2. Rusa yg udah lama di kebun binatang malah lucu dan menggemaskan yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu semua dibiarkan lepas kak, ga ada yang dikurung. tapi ya... perilakunya memang tak terduga sih, ada yang lucu ada yang galak o_o"

      Delete
  3. Kalo di indonesia di alam bebas macam monas dah pasti di sate itu rusa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepikiran aja mas cum, makanya yang di kebun raya juga dipagarin yaks, orang indonesia belum siap buat yang bebas-bebas #ops

      Delete