telaga cigaru yang biru di tangerang

ada yang pernah mendengar tentang telaga biru cigaru? ok, aku pun tahu dari posting-an teman yang menampilkan pemandangan danau dengan airnya yang biru. di tangerang ada yang biru? karena penasaran akhirnya aku pun mencoba melakukan perjalanan ke tangerang yang dalam persepsiku adalah kawasan panas dan gersang.
stasiun tigaraksa
meski aksesnya cukup mudah, tetap saja dibutuhkan banyak moda transportasi untuk sampai ke sini. pertama kau harus menggunakan commuter line ke arah maja dan turun di stasiun tigaraksa. dilanjutkan dengan angkot jurusan adiyasa-balaraja (8 ribu) turun di pertigaan gang SMA 08. dari sini bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menggunakan ojeg pangkalan dengan tarif rata-rata 10 ribu sekali jalan. aku sarankan gunakan ojeg pangkalan. karena dikelola oleh warga lokal, maka ojeg ini gratis masuk ke kawasan telaga. sedangkan untuk umum, bukan penumpang ojeg akan dikenakan biaya masuk 2 ribu.

pemandangan yang disajikan cukup sebanding dengan lama perjalanan. hanya saja jangan lupa membawa topi atau payung karena panas di tempat ini sangat terik tak tertahankan. untuk kau yang alergi debu aku sarankan untuk membawa masker karena banyak debu-debu halus di sekitar lokasi telaga.
air biru telaga cigaru
warna-warni air telaga cigaru
mau dibilang telaga sebenarnya air genangan di sini tidaklah terlalu luas. ya ini adalah air genangan. telaga cigaru terbentuk dari tampungan air hujan pada bekas galian. awalnya daerah ini adalah tambang pasir. sampai pada 2012 ditutup karena tidak produktif lagi. bekas galian tambang menampung air hujan dan terbentuklah danau seperti saat ini. 

katanya danau ini memiliki kadar keasaman tinggi sehingga dilarang melakukan aktivitas di dalam air danau. aku tidak tahu kebenaran informas ini melihat tumbuhan yang hidup di dalam air. tapi demi kebersihan danau, ada baiknya memang dibuat pernyataan-pernyataan seperti ini untuk menjauhkan tangan-tangan jahil dari pengotoran air danau yang sudah tampak biru indah ini.
getek hias dan perahu telaga 1
getek hias telaga 2
kawasan ini terdiri dari 3 danau. danau utama bewarna biru, di sebelahnya hijau kebiruan sampai dengan yang paling luar bewarna hijau. ketiga danau ini dikelilingi tebing dengan pasir putih sehingga menambah cantik proporsi warna yang ada. dengan angle yang tepat memang akan menghasilkan gambar yang menarik. sedangkan yang kami lakukan hanya memotret suka-suka karena sudah pusing kepanasan. 
view telaga cigaru dari tebing di sekitar
air biru telaga cigaru
atau jika kau ingin mendapatkan foto yang lebih maksimal, gunakanlah getek ke tengah danau. untuk menaiki getek kau harus membayar 10 ribu per orang. sedangkan jika kau ingin menggunakan perahu, tarifnya 25 ribu per perahu. pastikan cukupi konsumsi air jika kau tidak ingin dehidrasi. jangan khawatir, di sini banyak warung warga dengan harga yang masih cukup wajar untuk sebuah tempat wisata. -***-
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment