aer rangat pangururan

nb: sebener na ini malam hari tapi karena gelap maka foto diambil di pagi hari na.
di belakang pegunungan
travel date: 25 oktober 2013
location: pemandian air panas tumbiak

"slip inside the eye of your mind
 don't you know you might find
 a better place to play
 you said that you'd ever been"

#so sally can wait-oasis

ga ada rencana sama sekali untuk berendam di pemandian air panas. mengingat penginapan menyediakan na gratis, ya kenapa ga dimanfaatkan. tunda dulu tidur na, beranjak ke bawah walo ga bawa kostum untuk berendam, seada na aja.

pemandiaan air panas di sini berasal dari sumber air panas alami. sumber air panas sendiri bisa berasal dari pemanasan oleh magma di dasar gunung berapi atau yang bukan dari gunung berapi. sumber air panas yang berlokasi jauh dari gunung berapi berasal dari gradient geotermal -panas dari lapisan bumi- yang suhu na semakin tinggi saat air berada di lapisan bumi dalam atau dari sumber panas lain yang tidak diketahui. air merembes ke kerak bumi dan dipanaskan oleh panas di lapisan bumi. air yang sudah dipanaskan ini keluar di tempat yang jauh dari gunung berapi.
di sebelah danau toba
karena berada di toba yang dulu na adalah gunung api purba, air panas di sini berasal dari pemanasan magma. air yang panas lebih mampu mengencerkan padatan mineral sehingga mineral yang terkandung di dalam na berbeda dengan air biasa. di daerah yang berbeda dapat terjadi perbedaan warna, bau dan kandungan mineral na juga. jadi setiap pemandian air panas bisa mengklaim khasiat na masing-masing tergantung mineral yang terkandung di dalam na. air panas dapat keluar secara alami maupun melalui pengeboran. kurang tau di sini seperti apa, tapi yang jelas air na disalurkan melalui pipa-pipa.

ibu penginapan cukup baik untuk memberikan satu kolam pemandian yang tertutup -baca: ada gorden na cz kolam lain hanya ada lubang pintu atau bahkan tanpa dinding- untuk rhe gunakan sendirian. padahal ukuran kolan na bisa memuat sampai 20 orang. mungkin karena malam itu pengunjung tidak terlalu ramai.
sangat terbuka saat hari terang
merendam kaki lebih dulu untuk menikmati air panas setelah jalan-jalan seharian, suhu na cukup panas di tengah dingin na hawa pegunungan. semua kolam di sini tidak beratap, siap-siap terkena hawa dingin langsung begitu keluar dari air panas. walau begitu air na yang berhasil melepaskan lelah dan tegang yang ada sebelum na -bisa tidur nyenyak ntar-. memutuskan ga merendam badan seluruh na karena ga ada baju ganti, cukup membasuh badan aja. tapi waktu coba membasuh muka dengan air ini ternyata air na tidak tawar, ada rasa mineral yang kuat. jadi untuk membilas na, di sebelah kolam air panas disediakan kamar mandi air tawar dengan suhu normal. air yang ini baru bisa digunakan untuk gosok gigi. 

better jangan terlalu lama berendam karena ternyata kelamaan berendam membuat kulit kering. bisa jadi karena kandungan mineral na tadi. kalo memang ingin total mencoba na, jangan lupa bawa baju ganti. sayang kalo ga bisa berendam sepenuh na menikmati kolam seluas ini :( 
-***-
related posts: 
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment