landmark kota phuket, big buddha!

big buddha phuket
rencana pembanguan lengkap big buddha
tak lengkap rasanya ke phuket tanpa mengunjungi big buddha. walaupun lagi-lagi ini adalah kunjungan ke wat atau kuil buddha, tapi selalu saja ada yang berbeda. big buddha salah satunya, apa yang berbeda dengan kuil-kuil lain di thailand? tentu saja karena big buddha merupakan salah satu landmark phuket.
kalo bisa jangan sewa montor matic kecuali kondisinya benar-benar ok
view point jalur ke big buddha
cara paling gampang mencapai tempat ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. kami menyewa scoopy kali ini. pastikan kendaran yang kau gunakan dalam kondisi prima karena tanjakan di sini curam dan panjang. aku bahkan harus menahan nafas memastikan scoopy kami mampu naik ke atas. tapi jangan khawatir, ada bonus menarik saat kau turun dari beberapa view point yang menyajikan pemandangan pantai di bagian bawah.  
bagian depan big buddha
bagian belakang big buddha
sesuai namanya, di sini terdapat patung buddha bewarna putih setinggi 45 m dan diameter 25.45 m yang diletakkan di puncak bukit nakkerd. ukuran dan posisinya membantumu untuk dapat melihat patung ini dari puket maupun pantai karon.
view 360 derajat -sorry kamera ga mampu-
view point se-ajib ini sayang dinikmati cepat-cepat
puncak big buddha memiliki pemandangan 360 derajat ke arah phuket, kata, karon sampai chalong. hampir sama dengan pemandangan dari tiger cave yang kami kunjungin sebelumnya, hanya saja yang disajikan di sini tidak hanya pemandangan daratan tetapi juga pantai dan lautan.
doa & donasi
tempat sembahyang di lapisan terbawah
ruang sembahyang di bagian dalam big buddha
big budhha dibangun dari donasi penderma sehingga sampai saat kami datang pun kondisinya belum jadi sepenuhnya, masih dalam proses pembangunan. terutama bagian dalam dan tempat-tempat doa di bawahnya. big buddha sendiri dibangun dari balok-balok marmer burma. kau dapat memesan balok marmer dengan tulisan namamu jika kau ingin namamu abadi di dalam patung buddha dan selalu didoakan orang. tentu saja setelah memberika sejumlah donasi untuk balok marmer tersebut.
buddha's footprint
buddha's seatprint
phraphutthamingmongkhol-akenagakhiri buddha yang bearti happiness on top of nagakerd mountain merupakan nama asli big buddha phuket. di sekitar tempat ini terdapat taman yang dapat digunakan pengunjung untuk bermeditasi atau santai sejenak. pada taman-taman ini juga tersisa jejak-jejak sang buddha. aku tidak tahu dari mana jejak-jejak ini ada karena letaknya agak tidak proporsional. tapi ini memang untuk dinikmati saja, bukan untuk dipertanyakan.
patung doa di sepanjang tangga
pohon dengan banyak lonceng 
patung dewi di sepanjang tangga
semilir di ketinggian dengan pemandangan lautan dan gemerincing lonceng kuning yang hampir ada di seluruh kawasan tempat ini memang cocok untuk menenangkan diri. hanya waktu saja yang tidak bersahabat yang membuat kami harus melangkahkan kaki keluar dari sini.
-***-
previous:
next:
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Halo rhe, how are you? Lama kali tak jumpa, jalan2nnya makin jauh ajaa, asoooy

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ada kunjungan suhu, nanti rhe berguru jalan-jalan ke indonesia dengan tarif ekonomis. karena stigma sekarang 'indonesia mahal' :D

      Delete