sam poh tong, kuil di tengah bukit kapur

kuil sam poh tong di antara bukit kapur dan bukit buatan
ipoh merupakan kota yang dikelilingi perbukitan kapur jadi tak heran jika banyak dijumpai gua kapur di kota ini. bahkan tempat ibadah pun dibangun di dalam gua kapur, salah satunya adalah kuil sam poh tong yang berada di gunung rapat. kuil sam poh tong juga dikenal dengan nama kek lok tong yang bearti gua paling bahagia.
gemercik air dan derik serangga di taman kuil
sesuai namanya kau akan merasakan kebahagiaan di sini. suasana tenang dengan derik serangga terdengar di sekeliling taman samping kuil. juga hembus angin yang mengalir dari bagian atas bukit kapur menuju dasar kuil membuat tempat ini terasa sejuk dibanding dengan daratan ipoh lain yang cenderung terik. bahkan jalanan di depan kuil terasa gersang dan panas.
akses yang gersang dan panas
bukit buatan dengan berbagai miniatur biksu dan buddha
gua yang menjadi tempat didirikannya kuil sam poh tong ditemukan oleh biksu china pada 1890 saat melakukan perjalanan melintasi ipoh. beliau menemukan gua ini sebagai tempat meditasi sampai akhirnya memutuskan untuk menjadikannya sebagai tempat tinggal dan menetap sampai akhir hayatnya. pembangunan kuil sendiri dimulai pada 1912 dengan bagian depan yang dibangun pada 1950.
kolam kuil sam poh tong bergaya jepang
kolam kuil dengan ikan dan kura-kura
begitu masuk ke halaman kuil, pengunjung disambut pemandangan cantik dari kolam bergaya jepang. di dalam kolam terdapat banyak ikan dan kura-kura sebagai simbol umur panjang. selain itu juga terdapat bebatuan yang dihias menjadi aneka bentuk, salah satunya ada yang dibilang menyerupai gunung huang shan di china. ornamen lain seperti lampion jepang, patung buddha dan kwan im dalam ukuran kecil juga dapat ditemui di sana. 
perahu kepala naga
di bagian ujung kolam terdapat bangunan serupa perahu bernuansa merah yang dihias kepala naga. tidak jelas apa fungsi bangunan ini karena aku tidak menemukan akses masuk ke sana. selain itu ada kesan tidak terawat jika dilihat secara keseluruhan. benar kolam dan taman ini cantik, tapi terkesan tidak terawat karena airnya yang hijau keruh dan beberapa rumput liar yang dibiarkan tumbuh. mungkin jika semuanya lebih terawat, akan terlihat kecantikan aslinya.
penjaga taman dengan taman yang kurang terjaga
gerbang kuil utama sam poh tong
patung gajah putih dari mana asalnya?
berjalan ke bangunan utama kau akan melihat patung gajah putih di sebelah gerbang kuil. tidak tahu apa hubungan gajah putih dengan kuil ini, apakah ada relik buddha di sini yang dibawa oleh gajah putih? masih belum menemukan informasi tentang iini. tapi tentang patung buddha sendiri kau akan banyak menemukannya di bagian dalam. dimulai dengan patung buddha tertawa yang langsung menghadap pintu masuk. memang benar, gua ini adalah gua paling bahagia. bisa jadi, buddha tertawa inilah yang menjadi tuan rumahnya.
dewa tertawa di bagian depan kuil sam poh tong
dewa utama di bagian paling dalam kuil sam poh tong
masuk ke bagian gua lebih dalam bisa dijumpai berbagai patung dewa-dewi. selain itu ada bagian khusus yang memuat beraneka jenis patung buddha. di sebelah kanan gua bagian dalam katanya ada jalan tembus ke kuil lain. kuil di dalam gua ini punya nuansa yang menarik sayangnya tidak dibuka untuk pengunjung. hanya dapat dilihat bagian depannya saja.
beraneka patung buddha di dalam kuil sam poh tong
kolumbarium 3 lantai
untuk ukuran akhir pekan, tempat ini termasuk sepi pengunjung. aku cukup siang ketika datang tapi hanya menjumpai pengunjung di sisi kiri komplek kuil yang merupakan krematorium dan kolumbarium. jika krematorium adalah untuk mengkremasi jenasah menjadi abu, maka kolumbarium adalah tempat menyimpan abu jenasah yang sudah dikremasi. kolumbarium di sini berupa bangunan 3 tingkat bewarna biru yang menyerupai apartemen. kuil, krematorium dan kolumbarium semuanya dapat diakses melalui 1 pintu masuk sam poh tong. tentu saja dengan bukit kapur yang mengelilingi semuanya.
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Aku awalnya bacanya Sampokong :D

    Baru tahu di Ipoh ada kuil ini, sumpah bagus banget!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, adem pula tempatnya. perlu disempatkan ke sini kalo main di ipoh. sebetulnya ada beberapa kuil di kawasan ini. tunggu tulisan berikutnya ya :)

      Delete