hoa lu, ibu kota vietnam kuno


familiar dengan bangunan ini?
'it's time for me to take it
 i'm the boss right now
 not gonna fake it
 not when you go down
 cause this my game
 and you better come to play'

#confidence-demi lovato

apakah kau familiar dengan gambar di atas? jika kau mengenalinya, ada 2 kemungkinan, kau penah ke sana atau kau penggemar variety show korea. kalau aku yang kedua. sebagai penggemar variety show korea running man, aku tidak mau kehilangan moment berkunjung ke salah satu lokasi syuting mereka saat kunjungan ke vietnam.

mengetahui bahwa selain halong bay ternyata ada one day trip lain yang ditawarkan di hanoi yaitu hoa lu-tam coc. tanpa basa basi aku langsung mengambilnya. mengingat keinginan rista sudah terpenuhi dengan halong bay, jadi saatnya ke destinasi pilihanku.
kerbau hias dan bunga hoa lu
hoa lu pernah menjadi ibu kota vietnam sebelum dipindahkan ke hanoi lalu ho chi minh. saat itu vietnam masih berupa kerajaan bernama dai co viet yang terbentuk setelah pemberontakan 12 raja antara kamboja-china dan menyebabkan beberapa melarikan diri ke dai co viet. dari sinilah terbentuk dinasti pertama, dinasti dinh. kabarnya, sebelum dinasti dinh, ada kerajaan lain pecahan bangsa mongol yang tersembunyi di pegunungan sekitaran hoa lu dan belum ditemukan. antara tertimbuh di dalam goa-goa atau bukti keberadaannya turut hilang bersamaan dengan keruntuhan kerajaan tersebut.

nama hoa lu sendiri berasal dari bunga yang banyak ditemukan di sini yang digunakan untuk perarakan raja. bunga ini seperti rumput liar yang sekarang dapat dilihat bersama penyewaan kerbau hias. aku tidak tahu apa sejarah kerbau ini sampai banyak warga yang menyewakan kerbau hias ini untuk foto maupun berkeliling di kompleks istana hoa lu.
memasuki ibu kota kuno hoa lu
kompleks istana hoa lu dibatasi dengan benteng dalam dan luar. benteng bagian luar kini sudah tidak dapat ditemukan, digantikan gerbang baru yang digunakan sebagai pintu masuk kompleks, dihubungkan dengan jembatan di atas aliran sungai yang mengitari pegunungan kapur. benteng bagian dalam beberapa masih dapat ditemukan, berupa batu tua yang mulai dimakan usia dan ditumbuhi lumut.

gerbang masuk ke bagian dalam benteng terdiri dari 3 pintu. pintu bagian tengah yang paling luas digunakan untuk akses keluar masuk kaisar. sedangkan pintu kecil di kedua sisinya digunakan untuk para pendamping kaisar. pada jamannya, ada hukuman untuk orang yang salah menggunakan pintu. mungkin karena itulah pada kunjunganku, banyak orang berbondong-bondong mencoba memasuki istana dari pintu utama. sebelum memasuki gerbang istana ada semacam batu yang digunakan bagi tamu yang menunggu sebelum masuk ke istana. ornamen yang ada di batu ini berbeda sesuai dengan istana kaisar yang ada di dalamnya.
kuil dinh tien hoang
istana pertama yang kami masuki adalah istana dinh tien hoang yang saat ini digunakan sebagai lokasi sembahyang. kuil dinh tien hoang dipersembahkan untuk memuja dinh bo linh yang merupakan kaisar pertama dai co viet. karena merupakan kaisar yang mendirikan dinasti baru, maka kiul yang dibangun memiliki penanda sendiri yaitu patung naga yang ada di bagian atapnya. bangunan ini sendiri memiliki arsitektur cantik yang masih dipertahankan dalam bentuk aslinya. konstruksi bangunan tidak menggunakan batu sama sekali, semua bagiannya yang terbuat dari kayu masih tetap utuh dan berdiri cantik termasuk tiang penyangga banguan yang bewarna merah dan dilukis dengan ornamen-ornamen naga bewarna emas.

di bagian depan kuil juga dipamerkan tandu yang digunakan oleh kaisar. tandu megah ini juga dihias dengan ukiran naga yang melambangkan pendiri dinasti. di dalam kuil terdapat patung kaisar dan menjadi tempat sembahyang bagi masyarakat sekitar mengingat di sini masih berkembang kepercayaan menyembah leluhur. terdapat beberapa patung di lokasi sembahyang, terdiri dari kaisar dan orang-orang penting pemerintahan.
kuil le dai hanh
melintasi lapangan yang digunakan dalam syuting running man, terdapat istana atau kuil le dai hanh. kuil yang terletak 200 meter dari kuil dinh tien hoang ini semula adalah istana milik dinh toan, anak kaisar dinh bo linh yang menggantikan posisi kaisar setelah ayahnya dibunuh. karena masih berumur 6 tahun, fungsi pemerintahan diambil alih oleh le hoan yang merupakan panglima militer dan didampingi janda dinh bo linh, duong van nga, yang kemudian dinikahinya.

jika patung yang terdapat di kuil dinh tien hoang semua adalah pria, maka di kuil le dai hanh terdapat sebuah patung perempuan yang menggambarkan duong van nga. duong van nga merupakan wanita pertama yang menikahi 2 kaisar. mungkin karena alasan ini juga, kuil ini menempatkan patung duong van nga sebagai salah satu orang yang disembah. di atas bangunan kuil tidak ditemukan patung naga karena istana ini bukan merupakan milik kaisar yang membangun dinasti baru, tetapi kaisar penerus dinasti sebelumnya. sedangkan tandu kaisar yang dipajang di bagian dengan kuil sangat kecil, sesuai dengan kaisar yang saat itu masih kanak-kanak.
ripping name tag, ripping dinasty
le hoan yang menjalankan pemerintahan berhasil mengalahkan musuh-musuhnya dan mengangkat diri menjadi kaisar. namun setelah kematiannya, anak le hoan tidak dapat meneruskan kesuksesan sang ayah sampai kerajaan direstorasi oleh ly cong uan dan terbentuklan dinasti baru, dinasti ly, yang kemudian memindahkan pusat pemerintahan ke hanoi. lapangan yang berada di depan kuil menjadi saksi perubahan pemerintahan sampai perpindahannya. saat ini menjadi lapangan kosong tanpa penghuni yang mungkin sebelumnya adalah tempat berdiri ratusan atau bahkan ribuan tentara perang.

walaupun lokasinya tepat untuk mendirikan kerajaan, dengan sungai yang menjadi sumber mata air bagi penduduknya dan pegunungan mengitari sebagai perlindungan alami dari serangan musuh serta hutan yang dapat menjadi jebakan, ternyata dinasti dinh tidak mampu bertahan lama. nama besar dan kemegahan yang tersisa adalah bangunan-banguan yang masih ada. bagiku mungkin ini adalah pemandangan luar biasa yang dapat kunikmati dan kuabadikan. namun bagi orang vietnam, ini adalah warisan leluhur yang perlu mereka jaga, akar keberadaan mereka.
-***-
- previous:
- next:
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment