mereka di sekitar chao phraya


sungai chao phraya
travel date: 16 july 2013

"since we connect behind closed doors  spark this fire even more
  no telling where we will be next
  surreneder to your rapture arrest
  lay your head, let the slumber float
  can't resist, that's why words were wrote"

#rapture-nadia ali

sangat menggairahkan menyusuri chao phraya, terutama karena kau bisa menemukan banyak peninggalan sejarah di sekitaran na. selain wat chai watthanaram, terdapat banyak candi dan vihara lain. salah satu yang cukup besar, menarik atau punya penanda khusus untuk rhe ingat seperti wat lot chong.
vihara kecil sebelum wat chai watthanaram
tempat ini tidak terlalu besar atau termasuk dalam daftar kunjungan. rhe sempat mampir karena di depan vihara ini terdapat swalayan kecil yang kebetulan menjual air. maklum cuaca di ayutthaya sangat panas plus harus ngegoes seharian membuat kami dehidrasi dan harus menemukan air dengan segera. penanda wat lot chong adalah patung besar yang ada di luar vihara.

selain vihara ini, salah satu yang menarik adalah wat kasattrathirat worawiharn. kami melihat na dalam perjalanan ke wat lokaya sutthanaram. vihara ini berada di seberang sungai chao phraya. jembatan untuk menyeberang sudah jauh di belakang dan rhe ga tau gimana cara untuk menyeberang sungai. karena na kami hanya bisa memandang tempat ini dari seberang sungai.
wat kasattrathirat worawiharn
tidak ada catanan kapan wat kasatthrathirat worawiharn dibangun. pasa saat perang, burma menggunakan vihara ini sebagai pusat militer untuk melakukan pengeboman melintasi sungai ke arah kota. selama perang tersebut lama kelamaan vihara ini hilang total sampai pangeran isranurak -sepupu king rama I- memperbaiki na dengan nama baru. mungkin ini alasan mengapa bangunan ini tampak baru dan indah.
chedi sri suriyothai di wat suan luang
tak kalah menarik dengan vihara di seberang sungai chao phraya, terdapat bangunan lain di tepi uthong road. bangunan yang dicat serba putih dan terletak di si suriyothai park ini merupakan salah satu bagian dari wat suan luang. tempat ini kata na digunakan sebagai tempat penyimpanan militer tapi masih belum jelas kebenaran na. dari bentuk na aja tempat ini bisa memanjakan mata, mungkin karena sesuai nama na yang bearti monastery of the royal garden. chedi di samping vihara yang terletak persis di sebrang jalan disebut sri suriyothai yang baru diperbaiki pada 1990. kota sepi ini rupa na ramai dengan peninggalan bersejarah.
-***-
related posts: 
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment