wat chai watthanaram

travel date: 16 july 2013

how to get there:
- dari arah stasiun, lewati lingkar luar ayutthaya -benar benar melingkar- sampai ketemu sungai chao phraya
- seberangi sungai, belok ke kiri ke jalan masuk arah candi. wat chai watthanaram sudah terlihat dari seberang sungai sebelum kita menyeberang
- jika masih ragu ikuti petunjuk yang ada cz penanda arah di ayutthaya mayoritas menunjukkan arah ke candi

candi yang terletak di sebelah sungai chao phraya ini sangat impresif walaupun tampak kuno. maklum wat chai watthanaram didirikan pada tahun 1630. terbuat dari batu tua, candi ini tampak menampilkan beberapa reruntuhan. bukti usia tua bangunan ini juga terlihat dari patung yang ada, hanya beberapa patung yang masih utuh sedangkan yang lain na sudah kehilangan bagian tubuh na atau hilang sama sekali. candi utama setinggi 35 meter yang dikelilingi 4 candi kecil di level yang sama. 

wat chai watthanaram dibangun oleh raja prasat thong sebagai candi pertama masa pemerintahan na. bangunan ini didirikan untuk mengenang ibu na yang lahir di daerah ini. jasad sang ibu juga dimakamkan di lokasi ini. arti nama wat chai watthanaram adalah the temple of long reign and glorious area. sebenar na terdapat beberapa jalan masuk ke candi utama, tapi saat ini hanya terdapat sisa pondasi dinding pembatas na sehingga kita bisa masuk dari semua penjuru. sebagai interior dinding terdapat lukisan tangan, tapi karena usia maka yang tersisa tinggal relief. 

saat terjadi perang dengan burma, marak pencurian batuan dan patung buddha sehingga departemen seni thailand harus membangun na kembali di tahun 1987 dan sebelum dibuka untuk umum pada tahun 1992.

wat chai watthanaram
pengunjung dikenakan biaya 50 ฿ untuk sekali masuk. tapi jika cukup beruntung dianggap sebagai warga lokal, maka kita bisa masuk gtartis :D. ntah masih pagi atau karena alasan lain, lokasi ini sepi pengunjung. suasana magis dan sepi inilah yang membuat kami ingin cepat-cepat beranjak ke detinasi selanjut na.
-***-
related posts:
-  full itinerary of this trip
previous: ayutthaya sebagai sebuah kota tua
- next: peninggalan di sekitar chao phraya
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment