berpetualang ke masa toyotomi hideyoshi di osaka castle

mengintip osaka castle
osaka castle menjadi icon prefecture kansai terutama bagi para penggemar manga rurouni kenshin. lebih dikenal dengan judul samurai x di indonesia, manga ini mengajarkanku tentang sejarah jepang. termasuk nama dan tokoh yang terlibat dalam peristiwa restorasi meiji. mengunjungi tempat ini semacam menjadi keharusan untukku yang baru pertama kali ke jepang.
osaka castle
oda nobunaga yang muncul dalam manga tersebut ternyata menjadi cikal bakal diresrotasinya kastil ini. toyotomi hideyoshi ingin membangun kastil -yang sekarang kita kenal dengan osaka castleserupa dengan azuhi castle milik oda nobunaga. tetapi hideyoshi menginginkan kastilnya melebihi kastil nobunaga tersebut. bangunan utama kastil memiliki 5 lantai dan ditambah 3 lantai bawah tanah. selain itu kastil ini juga dihias dengan daun emas di tiap sisi menara
parit dan tembok pelinding kastil
hideyoshi terus memperluas kastil sampai 1 kilometer persegi. sekeliling kastil dilindungi oleh tembok batu tinggi menghadap ke parit. tembok ini untuk melindungi penghuni dari penyerang. dalam pertempuran sekigahara, hideyoshi dapat menahan serangan tokugawa karena keberadaan parit pertahanan tersebut.

osaka castle mengalami sejarah panjang sebelum direstorasi pada 1995 dan beralih fungsi sebagai museum pada 1997. dengan peralihan fungsi ini pun interior kastil ikut berubah. perubahan paling mencolok adalah pemasangan elevator di bagian dalam kastil.
osaka international peace center
salah satu pengalamanku yang tak terlupakan juga ada di elevator ini. petugas kastil memberikan sejarah dan arahan singkat cara kunjungan di osaka castle dalam 2 bahasa dengan waktu sekali perjalanan elevator dari lantai dasar ke lantai 5. bel tanda elevator sampai tujuan berbunyi tepat saat kata terakhir diucapkan oleh petugas. aku sangat mengagumi ketepatan waktu orang jepang ini, bahkan dilakukan oleh manusia bernafas bukan robot pun mereka sangat tepat. ntah bagaimana training petugas elevator ini untuk bisa menyampaikan semua arahan tepat dalam satu kali perjalanan.
shachihoko (karakter ikan pada hiasan fish tiger di puncak kastil) dan landscape osaka
penjelajahan kastil dimulai dari lantai teratas, observation deck. di sini kau bisa menikmati pemandangan 360 derajat sekeliling kastil dan osaka sampai batas horison. dari atap inilah kau bisa melihat daun emas yang dimaksud mengelilingi tiap-tiap sudut kastil. selain itu pemandangan taman dan parit yang ada juga dapat dinikmati dari sini.

turun dengan tangga kayu kita dibawa menuju lantai 7 dengan pameran kisah kehidupan toyotomi hideyoshi. di sini dituturkan kembali kisah hideyoshi membangun osaka castle, teori-teorinya sampai dengan pencapaiannya menyatukan jepang.
reproduksi dengan skala 1/20 terdiri dari 307 figure
karena lantai 6 tertutup untuk pengunjung aku langsung turun ke lantai 5, di sini terdapat visualisasi dan miniatur perang. pertempuran yang dikenal dengan the summer war in osaka ini terjadi antara pasukan yukimura sanada dan tadanao matsudaira. setiap figure dibuat detail dengan jumlah yang tidak sedikit pula.

sejarah dan seni jepang yang dapat kau nikmati dalam satu kali kunjungan. hal ini juga masih dapat kau temukan di lantai 4 yang menyimpan peninggalan hideyoshi seperti koleksi barang-barang eropa, mengingat jepang masih tertutup dari budaya barat saat itu. sampai dengan koleksi lukisan hideyoshi serta tulisan tangan hideyoshi yang dikenal dengan tulisan cakar ayamnya. namun siapa sangka tulisan cakar ayam ini justru mengukir strategi-strategi perang jauh di atas kelas ayam.
fish tiger yang sama dengan yang terpasang di puncak osaka castle
koleksi di lantai 4 sepertinya tidak mampu dipamerkan semua di lantai ini sehingga terbagi dengan koleksi yang tersimpan di lantai 3 yang juga menyimpan barang peninggalan pada masa hideyoshi. di sini juga tersimpan replika ruang minum teh hideyoshi. perlu perhatian khusus adanya larangan memotret di lantai 3 dan 4 ya. jangan sampai mengabaikan larangan ini.
dengan yukata sewaan di depan icon osaka castle, sengaja setangah badan karena sandal gunung yang mengacaukan pemandangan
versi full dengan sandal gunung
lantai 2 menjadi salah satu favoritku juga karena terdapat penyewaan yukata. kau dapat berfoto mengunakan yukata selama 15 menit dengan membayar ¥ 300. sayangnya kau hanya dapat berfoto di samping tempat penyewaan, tidak dapat digunakan untuk keliling kastil. plus hanya tersedia sedikit pilihan yukata berukuran kecil yang bisa kupakai. selebihnya masih bisa dibilang murah untuk pengalaman menggunakan yukata di tempat bersejarah.
jejak ishiyama hongan-ji temple di area osaka castle
sampai ke lantai dasar tempat kami masuk tadi. di sini adalah pusat informasi dan movie theater tentang osaka castle. ingin membeli mercendaise? di sini juga terdapat museum shop yang menjual beraneka jenis barang seputar osaka castle dan sejarahnya. mulai replika lukisan yang tenar saat itu sampai kaos dengan desain lukisan tersebut. jika kau ingin membeli souvenir dengan harga yang lebih terjangkau cobalah mengunjungi toko souvenir yang berada di luar bangunan tetapi masih dalam kompleks osaka castle.
jepang ga pernah melewatkan kesempatan untuk naruh hiasan-hiasan cantik
di bagian luar osaka castle terdapat nishinomaru garden yang ditanami lebih dari 600 pohon sakura. sayang ketika aku berkunjung tidak bertepatan dengan hanami sehingga yang kutemukan hanyalah sekelompok pohon berdaun hijau, tidak ada sisa-sisa bunga sakura yang bermekaran. selain taman sakura terdapat juga jajaran kedai makanan dan toko souvenirharga yang ditawarkan pun standar, tidak lebih mahal seperti tempat-tempat wisata di indonesia. 
taman pohon sakura
jika pada musimnya pasti sangat cantik pemadangan di sini
tapi karena di sini juga berlaku pajak, maka harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan duty free kansai airport. ini baru aku tahu ketika kembali ke indonesia. next, kalau ingin membeli oleh-oleh atau kerajinan jepang sebaiknya belanja saja di duty free kansai airport karena harganya lebih murah. sedikit tips dari bludstory, semoga berguna.
-***-
previous:
next:
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment