serunya transit di changi airport malam hari

terminal 2 changi airport
sebagai salah satu bandara terbesar seasia tenggara dan merupakan bandara internasional yang sering digunakan beberapa maskapai penerbangan untuk transfer flight, wajar jika banyak fasilitas ditawarkan oleh changi airport. seberapa lama waktu transitmu dan kapan saat itu pasti mempengaruhi aktivitas yang kau lakukan di sana. dengan waktu transit hampir 9 jam di malam hari -tour keliling singapura terakhir pukul 6 sore-, banyak hal seru -selain tidur- yang bisa kau lakukan selama mengunggu di sini. apa saja kegiatan seru itu?

free internet kiosks
transfer area di changi airport
salah satu kebutuhan dasar manusia saat ini adalah koneksi internet. dengan tarif jaringan ponsel yang biasanya mahal di luar negeri, fasilitas wifi selalu menjadi buruan. jangan khawatir tentang wifi, tersedia di semua terminal. selain itu juga terdapat internet kiosks yang juga bisa dikases bebas di setiap terminal. tidak perlu mengantri karena perangkat komputer yang disediakan cukup banyak dan mudah ditemukan. kekurangannya adalah adanya durasi 30 menit untuk sekali login ke sebuah komputer. jika waktumu habis maka kau harus login ulang untuk menggunakan fasilitas internet gratis ini. tidak ada batasan berapa kali login untuk setiap komputer, hanya saja cukup mengganggu ketika koneksimu terputus karena waktu habis di saat asik browsing.

melukis di woodblock rubbing station
cetakan gambar gosok
tersedia di terminal 2 dan 3, di sini kau bisa melukis atraksi, tempat wisata atau icon singapura. dengan waktu transit yang singkat kau bisa melukis dengan cepat karena di sini disediakan cetakan, kertas dan pensil warna/crayon. cetakan seukuran kertas a4 cukup kau timpa dengan kertas yang tersedia lalu usapkan pensil warna/crayon. kau bisa menggambil gambar dari 1 cetakan atau memadukan padankan gambar yang ada di cetakan yang berbeda untuk mendapatkan cerita dalam gambarmu. aku memilih memoleskan satu gambar saja, merlion, yang menjadi icon negara ini.

menikmati cerianya bunga matahari
sunflower garden  di changi airport
dari semua tanaman hidup yang ada di bandara ini, aku paling suka dengan hamparan bunga matahari yang ada di rooftop terminal 2. selain bisa melihat langsung aktivitas keluar masuknya pesawat, warna cerah dari jejeran bunga matahari sejenak menyegarkan mata sebelum kau kembali dalam pemandangan kabin untuk penerbangan selanjutnya. bunga-bunga ini bagus dinikmati siang maupun malam hari.

pemandangan ini lebih bagus saat malam datang -terlalu mainstream untuk memandangnya di siang hari-. hanya saja kameraku tidak cukup bagus untuk mengabadikan moment sinar lampu kekuningan jatuh di kelopak-kelopak kuning ini -terpaksa mengambil fotonya saat matahari mulai keluar-. kau harus melihatnya sendiri untuk tahu bagaimana suasana malam dengan rintik gerimis yang membiaskan cahaya lampu membuat bunga-bunga ini seakan mempunyai nyala mereka sendiri. impas sudah paparan udara malam di tempat terbuka yang harus kau rasakan. plus point lain jika kau datang di sini malam hari, udaranya lebih segar dibanding siang dimana lokasi ini digunakan sebagai smooking area bagi mereka yang ingin merokok.

menenukan anggrek langka di orchid garden
berbagai macam anggrek di orchid garden
aku memang bukan penggemar anggrek dan tidak tahu jenis-jenisnya. tapi karena paling sering melihat anggrek ungu, sementara aku bisa menemukan anggrek dengan berbagai warna dan bentuk, ntah mengapa rasanya senang berada di antara bunga-bunga yang ditanam di terminal 2 ini. hampir semua warna terwakili dari bunga-bunga yang ada dengan bentuk yang berbeda pula. rista -patner jalanku yang orang tuanya memiliki bisnis tanaman hias- bahkan menghabiskan banyak waktu untuk memotret hampir seluruh koleksi. menurut dia, banyak jenis anggrek di sini yang bahkan belum pernah dia temukan di indonesia. jadi terbayangkan bagaimana serunya menghabiskan waktu dengan menikmati koleksi di orchid garden. ayo, menurutmu koleksi mana yang paling langka?

dengarkan nyanyian alam versi enchanted garden
imitasi yang menarik hari di enchanted garden
apakah kau penat dengan keriuhan orang atau lalu-lalang penumpang yang berpindah dari penerbangan yang satu ke penerbangan lain? atau kau lelah setelah penerbangan panjang atau menunggu terlalu lama penerbangan selanjutnya? bosan dengan pemandangan yang itu-itu saja di setiap terminal?

lupakan sejenak kebisingan itu dengan mendengarkan nyanyian alam yang dimainkan di enchanted garden. suara jangkrik dan desir air berpadu dengan aroma dupa segar berhasil membuatku rileks sesaat di terminal 2 tidak jauh dari orchid garden. pengoperasian musik ini menggunakan sensor yang hanya akan dimainkan jika ada pengunjung yang datang. selain enak untuk beristirahat, pemandangan dari bunga-bunga potong yang ditata dalam cawan kaca patri raksasa ini juga indah untuk dilihat -dan difoto tentunya-. satu yang membuatku penasaran adalah kapan petugas bandara mengganti bunga-bunga ini mengingat kepadatan aktivitas bandara. jika kau tahu, tolong informasikan padaku.

ini kolam koi, bukan kolam permohonan

kolam koi
berada di tengah orchid garden, kolam koi ini menjadi salah satu penyeimbang suasana kaku bangunan bandara dengan riak air yang dinamis dan koi yang hidup di dalamnya. mungkin karena pada dasarnya ini adalah kolam -mengabaikan koi yang hidup di sana-, ada juga pengunjung yang melemparkan koin ke dalamnya. ntah apakah mereka berpikir setiap kolam adalah kolam permohonan, atau memang mereka menggunakannya sebagai donasi untuk pemeliharaan koi. asal jangan sampai koin-koin ini termakan oleh koi yang mengancam kelangsungan hidup mereka, sampai saat aku datang belum ada larangan untuk 'membuang' koin ke dalam kolam.

dengan segudang aktivitas seru di atas jangan khawatir akan merasa lelah mengunjungi atraksi di terminal yang berneda. selain ada airport link, yang paling penting adalah adanya mesin pijat gratis yang mudah kau temukan di setiap terminal. tertarik menghabiskan waktu transit di changi atau sekedar main ke bandara internasional ini untuk dapat belanja murah di duty free-nya. pilih yang mana?
-***-
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment