mencari rubah bersama chiyo ke fushimi inari

deretan torii di fushimi inari
apakah kau ingat salah satu scene dalam film memoirs of a geisha?
walaupun mayoritas scene diambil di california, ada beberapa scene yang diambil di lokasi asli, salah satunya saat chiyo atau sayuri kecil berlari sepanjag lorong bewarna jingga. ada yang tau lorong itu ada di mana? yups benar, scene tersebut diambil di kyoto, distrik yang terkenal dengan rumah geisha-nya di gion. tepatnya di kuil fushimi inari-taisha.

lorong di fushimi inari terbentuk dari deretan torii. torii biasanya ditemukan pada pintu masuk kuil-kuil jepang. namun di fushimi inari, torii ada hampir di semua jalur ziarah karena berasal dari para donatur yang sembahyang di sana. nama para donatur tertulis pada torii yang mereka sumbangkan jika kau dapat membacanya. mayoritas donatur ini adalah para pelaku usaha di jepang. 
jalur ziarah dan kuil-kuil fushimi inari
konon katanya di kuil ini terdapat sekitar 32.000 torii yang tersebar pada jalur-jalur ziarah. salah satu deretan torii yang paling terkenal adalah lorong ganda yang dilewati oleh chiyo. selain karena terbuat dari torii yang lebih rapat, lorong ini terletak di bagian bawah sehingga mudah dijangkau peziarah maupun wisatawan.

fushimi inari terletak di fushimi-ku, kyoto. walaupun pintu utama kuil berada di dekat stasiun kereta, namun jalur ziarahnya membentang sepanjang 4 km sampai ke atas bukit setinggi 233 mdpl. sepanjang jalur ziarah ini juga terdapat kuil-kuil kecil yang dapat dilihat pada peta fushimi inari. bagi yang tidak sembahyang, kuil-kuil tersebut dapat digunakan sebagai titik istirahat karena biasanya terdapat kios jajanan maupun souvenir di dekat kuil-kuil tersebut. jangan takut tidak membawa bekal atau kelelahan karena jalur ziarah ini dapat dibilang jalur wisata, bukan merupakan jalur pendakian sebenarnya. perlu waktu sekitar 2 jam untuk naik-turun dan menjelajah keseluruhan komplek fushimi inari.
berbagai macam rubah di fushimi inari
dari namanya, kau akan tahu bahwa kuil ini ditujukan untuk memuja inari atau rubah. di jepang, rubah dipercaya sebagai dewa kesuburan, kemakmuran dan kesuksesan. sedangkan pada jaman edo, rubah termasuk dalam pasukan pelindung dan penjaga maupun pembawa pesan. patung dan maskot rubah yang tersebar di kuil ini terdiri berbagai jenis dan gaya seperti yang rubah di samping gerbang masuk, rubah penjaga torii serta rubah yang dipajang pada altar kuil.

sebenarnya banyak kuil di jepang yang memasang inari sebagai penjaga gerbangnya, namun hanya ada beberapa kuil yang mendedikasikan diri memuja inari. untuk semakin mempercepat doa yang dipanjatkan dengan perantara inari ini, papan doa atau ema yang tersedia pun berbentuk kepala rubah. jimat dan perlengkapan doa lain juga berbentuk rubah, baik kepala rubah maupun bergambar rubah itu sendiri.
jimat, ema dan hiasan lain berbau rubah
yang menarik dari sikap orang jepang adalah kejujuran mereka. barang-barang di atas hanya diletakkan pada semacam meja dengan harga yang ditempel pada masing-masing wadah. untuk pembayarannya, uang dimasukkan ke dalam kotak yang tersedia. ntah karena ini tempat sembahyang atau memang mental orang jepang yang bagus, tanpa ada pengawas pun tidak ada barang jualan yang hilang. petugas kuil yang ada sesekali melakukan pengecekan untuk mengisi barang yang hampir habis. membayangkan jika hal ini diterapkan di indonesia, pasti sudah banyak yang hilang. bukan dalam arti dicuri tapi diambil dan belum tentu menukar biaya/harga sesuai nominal yang tertera.

ada satu hal menarik lain jika kau mau mengamati lebih detail. pastikan menyempatkan diri untuk melihat kreasi orang jepang dalam menulis permohonan mereka. ema yang berbentuk kepala rubah bisa dihias dan diubah menjadi beragam tokoh dan ekspresi seperti naga, kucing, orang atau rubah itu sendiri. tidak heran jika negara ini terkenal dengan industri manganya, bahkan untuk menggambar ema pun mereka menampilkan karya-karya tak terduga.
kreasi ema di fushimi inari
kumpulan ema ini seakan menjadi pameran karya orang jepang. aku memang tidak bisa membaca apa yang tertulis pada masing-masing ema, tapi aku jadi dapat menerka apa permohonannya berdasar gambar yang ada. ada yang memohon jodoh, ada yang memohon six pack dan... si naga itu melambangkan apa ya?

jadi, apakah kau menemukan rubah di sini? kasih tahu aku berapa jumlahnya :)
-***-
- full intinerary of this trip
- previous:
- next:
NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Replies
    1. banyak banget -patung- rubahnya, kalau red fox asli belum ketemu :D
      sepertinya binatang aslinya sih lucu. niat ke jepang lagi buat ketemu red fox :)

      Delete
  2. Lorong itu menu wajib buat foto eksis yaaa hehehe

    ReplyDelete