menanti pelangi di graha maria annai velangkanni

mendung menggantung di atas graha maria annai velangkanni
travel date: 27 oktober 2013

"when you want it the most there's no easy way out
  when you're ready to go and your heart's left in doubt
  don't give up on your faith
  love comes to those who believe it
"


#that's the way it is-celine dion

jangan menyerah dengan apa yang menjadi keinginanmu. ketika kau menginginkan na sungguh-sungguh maka semesta akan membantumu. semacam quote yang rhe rasakan sendiri ketika ingin mengunjungi tempat ini. saat berhasil mengunjungi tempat religi keyakinan lain, masa' keyakinan sendiri justru gagal karena waktu yang kurang. walo cuma singkat, walo perlu kebut-kebutan di jalan, walo harus kehujanan, walo harus banyak doa saat perjalanan balik supaya ga ketinggalan pesawat, graha maria annai velangkanni menjadi closing yang tak terlupakan.

how to get there:
- lokasi: taman sakura indah, jalan sakura iii no 7-10, tanjung selamat, medan
- nyalakan gps trus naik motor sesuai rute
- opsi lain, ajak orang yang tau lokasi na trus minta anter. dan inilah yang rhe lakukan :D -ga ngebantu ya-

suasana mendung mengiringi perjalanan ke sini. dan begitu sampai lokasi di hari minggu yang untung na belum merupakan jam perayaan ekaristi sehingga kompleks graha maria annai velangkanni -yang merupakan sebuah gereja- belum dipadati oleh jemaat. memasuki gerbang gereja, suasana yang rhe rasakan mirip dengan kunjungan ke wat rong khun, mendung yang menggantung menambah nuansa magis.

graha maria annai velangkanni dibangun pada tahun 2001 dengan gagasan dari pastor james barathaputra, sj yang berasal dari india. annai bearti bunda dan velangkanni merupakan desa di tamil nadu, india. menurut kepercayaan umat katolik india, bunda maria pada abad ke-17 menampakan diri kepada beberapa anak di vailankanni/velangkanni. saat ini vailankanni dikenal sebagai lourdes di timur. dari sanalah sebutan maria annai velangkanni ini berasal. tak heran jika di dalam gereja ini terdapat patung bunda maria yang menggendong anak.
patung maria annai velangkanni
gereja dengan arsitektur indo-moghul ini didedikasikan untuk maria bunda penyembuh, our lady of good health, annai velangkanni. di sini kita bisa menemukan sebuah sumur yang dipercaya dapat menyembukan penyakit. mata air sumur ini muncul beberapa saat setelah gereja diresmikan, tepat di bawah patung bunda maria yang berada di kapel. untuk mengambil air sumur ini, pihak gereja sudah menyiapkan botol plastik 500 ml. pengunjung bisa mengambil na dengan memberikan donasi sebagai pengganti botol. untuk mengantipasi antusias pengunjung, pengunjung dibatasi untuk mengambil air 1 botol per orang.

tidak seperti bangunan gereja pada umum na, gereja ini memiliki bentuk seperti candi dengan 2 tingkat. tingkat pertama digunakan sebagai aula sedangkan tingkat kedua na sebagai tempat ibadah. di atas bangunan na terdapat menara 7 tingkat dengan 3 kubah yang menggambarkan tahta tritunggal maha kudus. bagian dalam gereja dihiasi bermacam relief, ornamen dan lukisan. di belakang altar terdapat 3 lukisan dari perjamuan terakhir, wafat sampai kebangkitan yesus. sedangkan di kanan kiri altar terdapat patung yesus dan maria. pada langit-langit gereja terdapat berbagai lukisan lain na.
bagian dalam gereja
hiasan menarik lain na adalah warna warni yang memperindah gereja ini. tidak hanya sebagai hiasan ternyata warna-warna di sini juga memiliki arti. seperti pelangi dalam cerita nuh, tanda perjanjian tuhan yang tidak akan menghancurkan dunia lagi dengan air bah. semacam rencana besar keselamatan tuhan bagi manusia yang dituangkan dalam 7 warna di gereja ini yaitu hitam, abu-abu, putih, merah, hijau, bitu dan kuning emas.

dalam panduan yang disediakan di gereja warna-warna tersebut memiliki arti masing-masing. hitam, sosok manusia dalam kegelapan dan dosa terlungkup sujud di hadapan allah. abu-abu sebagai simbol pertobatan dan menjadi salah satu warna dominan di lokasi ini. putih, permohonan orang berdosa untuk bisa menjadi murni dan suci dengan syarat harus bertobat dan percaya akan alah. merah, warna untuk pengorbanan diri manusia untuk tetap menjadi kudus setelah pertobatan na. hijau, warna ilahi setelah manusia kehilangan hidup na melalui pengorbanan akan allah dan orang lain. biru, surga yang menjadi hak orang yang telah memiliki hidup ilahi di dalam diri na. dan kuning emas yang melambangkan kemulian tuhan yang kekal.
masih dalam level pertobatan
ntah sekedar kunjungan, mencari pertobatan, meminta kesembuhan atau melihat pelangi, mendatangi gereja ini punya arti tersendiri di akhir traveling ke medan. sempatkan diri memanjatkan sebuah doa, terwujud atau tidak itu semua rencana tuhan. apakah kita bersungguh-sungguh meminta na, tuhan tau. tinggal menunggu pelangi setelah mendung yang menggantung -walo akhir na yang didapat adalah hujan deras sampai basah selama perjalanan ke bandara-. thanks god untuk pengalaman na. selamat mencari pelangi :)
-***-
related posts: 
previous: maha vihara maitreya
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment