ikatan suci di kuil shri mariamman

gerbang dengan gopuram
travel date: 27 oktober 2013

"whenever, wherever
 we're meant to be together
 i'll be there and you'll be near
 and that's the deal my dear"

#whenever, wherever-shakira

lucky me saat mengunjungi suatu tempat dapat bonus suguhan dan pengalaman di luar rencana. ga hanya kunjungan untuk menikmati bangunan dan sejarah tapi juga apa yang berlangsung di dalam na. tuhan itu baik, tuhan itu yang punya rencana dan rencana na selalu indah. kuil shri mariamman bukti na.

how to get there:
- lokasi: jalan kangkung 75, sumatera utara
- dari depan istana maimoon naik angkot 63
- turun seberang kuil, tinggal jalan kaki nyeberang

ternyata di sini diberlakukan jam kunjungan. walau ga tau tentang ketentuan ini, untung na pas sampai kuil ini bisa dimasuki. kuil shri mariamman terletak di kawasan madras yang sebelum na dikenal dengan kampung keling. sebutan awal sebagai kampung keling karena kawasan ini dihuni oleh suku india tamil yang berkulit hitam. walau sudah berganti nama, namun warga medan masih familiar dengan sebutan kampung keling.

kuil yang dibangun tahun 1884 diresmikan penggunaan na untuk umat hindu dharma tahun 1991. dibangun oleh gurdhuara sahib, seorang pemuda tamil dengan donasi dari rangga sami naiher. nama shri mariamman berasal dari dewi mariamman -sang dewi penyembuh- yang mampu menghilangkan wabah penyakit. kata maari sendiri bearti hujan dan amman bearti ibu. dewi ini disembah oleh masyarakat tamil untuk mendatangkan hujan saat kemarau berkepanjangan. dewi mariamman merupakan dewa utama masyarakat hindu selatan dan dipuja di sebagian besar pedesaan di tamil nadu, karnataka dan andhra pradesh. tidak heran ketika suku india tamil di medan membangun kuil untuk na. 
pintu dengan arca dan relief
terdapat gopuram di atas gerbang yang merupakan ornamen pintu masuk ke kawasan kuil yang dikelilingi dinding. ornamen ini banyak dijumpai di india selatan dan semula berasal dari kerajaan tamil pada masa dinasti pallava. gopuram diapit oleh sepasang gajah yang merupakan hewan suci dan dikeramatkan oleh umat hindu. untuk masuk ke bangunan utama, kita akan menemui arca wanita penjaga pintu bertangan 4 yang memegang trisula, gada, pasa dan satu tangan dengan sikap memberi peringatan.

selain kedua arca penjaga pintu juga terdapat arca warna warni lain di sekitaran kuil yang menggambarkan kisah dewa dewi. semarak warna ini juga digunakan pada lukisan yang menghiasi dinding dan langit-langit kuil. pola lukisan mayoritas adalah motif bunga dan teratai. keberadaan warna warni ini seakan menyeimbangi nuansa kuil yang didominasi oleh warna abu-abu.
warna warni bagian dalam kuil
di bagian depan kuil terdapat 3 bilik yang menjadi fokus tempat sembahyang. bilik bagian tengah berisi patung dewi mariamman yang merupakan perwujudan durga dalam bentuk kali. kali merupakan dewi yang dikaitkan dengan kegelapan, kematian dan kehancuran sekaligus pembaruan, pembersihan serta ibu. dalam bahasa sansekerta, kali berasal dari kata kaal yang bearti waktu. sedangkan dalam bahasa hindi kali bearti 'yang hitam' dan dewi kali digambarkan berkulit hitam atau biru. 

dalam pengertian etimologi, dewi kali dianggap sebagai ibu dari waktu. tidak ada seorang pun yang bisa luput dari waktu dalam hal ini kematian. kematian yang dimaksud adalah kematian ego yang digambarkan oleh tubuh yang merupakan ilusi ego. orang yang melekat dengan ego tidak dapat menerima gagasan kali sehingga kali muncul dalam bentuk kemurkaan. sedangkan untuk orang yang terlibat secara spiritual untuk menghilangkan ilusi ego akan menemukan kali sebagai dewi yang manis, penyayang dan penuh cinta. doa kepada kali sebenar na adalah perlambang pelepasan manusia dari ego na selain untuk mencari perlindungan dari sang ibu.
bilik pemujaan
bilik sebelah kanan merupakan altar untuk shri murugan, dewa perang dan pelindung bumi tamil. dewa murugan digambarkan berparas muda dan mengendarai burung merak serta bersenjatakan tombak. senjata ini menggambarkan kemampuan na untuk melawan penyakit, sedangkan paruh merak menggambarkan sang dewa yang mampu menghancurkan ego. dewa murugan memiliki hubungan dekat dengan ganesha yang berada di sebelah kiri bilik dewi mariamman. ganesha dipuja sebagai dewa kebikasanaan, kemakmuran dan keberuntungan.

seperti yang rhe infoin di awal, selain pengunjung yang sembahyang, rhe juga mendapat kesempatan untuk melihat perayaan lain. bukan perayaan keagamaan namun prosesi pernikahan. beruntung bisa melihat langsung acara pemberkatan yang dilakukan pemuka agama untuk calon pasangan india sampai akhir na mereka sah menjadi suami istri.
prosesi pernikahan hindu
prosesi ini dihadiri oleh keluarga mempelai dengan menggunakan baju daerah mereka. para perempuan menggunakan sari warna warni sedangkan pria na menggunakan baju longgar. sementara pemberkatan dilakukan, asap dupa senantiasa berhembus di ruangan. 

sempat terjadi hal yang tidak menyenangkan saat kami menyaksikan prosesi ini. saat rhe ngobrol dengan kaka' perempuan mempelai -yang ternyata berdomisili di jakarta utara-tentang prosesi pernikahan dan kuil hindu ini sendiri, ibu mempelai mengusir kami karena dianggap meliput prosesi tanpa ijin -memang na tampang kami seperti wartawan ya? mungkin karena emak yuni membawa kamera slr-. 
pose yang dikira sedang liputan
sebel memang dengan sikap dan kata-kata si ibu. tapi mungkin keberadaan kami memang mengganggu ketenangan prosesi -padahal udah berdiri jauh jauh-, atau mungkin kami salah kostum untuk perayaan ini sehingga mengganggu pemandangan :D. dengan perasaan sedikit dongkol pelan-pelan rhe mundur dari kerumunan keluarga dan orang-orang yang hadir sampai si kaka' merayu sang ibu dan mengijinkan rhe untuk tetap berada di sana selama prosesi dalam jarak yang wajar.
selamat menempuh hidup baru
senang akhir na bisa mengikuti perayaan ini sampai akhir acara. bahkanbapak pemuka agama pun sempat mengundang kami untuk datang ke resepsi pernikahan yang diadakan di belakang kuil. trauma dengan usiran sang ibu, rhe menolak na secara halus walau tetap diminta hadir pada pesta tersebut sebagai tamu dari sang pemuka agama. sungguh indah kalo kehidupan beragama bisa seakur ini. mereka para pemuka yang selalu terbuka untuk menerima pemeluk agama lain datang dan bergembira bersama mereka. anyway, selamat buat pasangan pengantin baru. langgeng selalu :)
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment