kopi es tak kie, yang dingin di gang gloria

warung kopi es "tak kie"
location: warung kopi es "tak kie", gang gloria, glodok

yang tinggal di jakarta pasti tau donk gimana panas na jakarta klo siang? panas-panas gitu siapa yang ga pengen minuman dingin? salah satu minuman dingin yang menarik perhatian -terutama pencinta kopi- adalah kopi es tak kie di kawasan pecinan glodok. 

how to get there:
- naik transjakarta turun di halte glodok
- keluar ke arah kanan, jalan kaki sampai pasar glodok
- masuk ke jalan pancoran
- di sebelah kanan ada deretan toko obat china, perlengkapan sembahyang dan camilan
- di deretan toko-toko itu ada gang kecil yang muka gang na ada penjual mie
- masuk ke gang, warung kopi es tak kie adalah bangunan permanen pertama di sebelah kanan, di depan na ada penjual pie oh -bulus masak tauco-

kedai kopi ini sudah berdiri sejak tahun 1927 dan sekarang diteruskan oleh generasi penerus na. tidak banyak perubahan yang bearti dibanding awal dibuka na. luas warung juga masih segitu-segitu aja. foto awal kedai ini bisa dilihat di koleksi foto yang dipajang di dinding kedai. selain koleksi foto juga ada karya seniman yang "nitip jual" di kedai ini. ruang publik yang digunakan sebagai pameran pubik, seperti na pemilik na mendukung karya seniman lokal seperti fungsi kedai kopi yang memang menjadi ajang ngobrol sana sini.


seperti nama na, tentu aja menu utama warung ini adalah es kopi. dan karena es kopi enak dinikmati siang-siang, jam buka kedai ini pun menyesuaikan, hanya sampai jam 1 siang. ada 2 jenis kopi yang ditawarkan, kopi item (14 rb) dan kopi susu (15 rb). dua-dua na bisa dipesan dalam bentuk panas maupun es.

es kopi vs kopi item
base coffee di sini dibuat dari racikan beberapa jenis kopi (arabica dan robusta) karena kata na meminum kopi campuran lebih enak dibanding 1 jenis kopi aja. klo boleh ngebandingin antara es kopi dengan hot coffee, rhe lebih memilih hot coffee karena rasa na lebih mantap -maklum ga keencerin oleh es batu-. untuk kopi item na sendiri rasa na bulat walaupun cukup ringan, ga pahit dan ga gosong dengan aroma yang tidak terlalu khas.

bagi yang tidak suka manis harap diperhatikan cz seperti kedai kopi lain na, gula langsung dimasukkan di dalam gelas -asal ga diaduk aja rasa na masih ok-. karena tidak terlalu suka manis maka rhe ga sempet untuk mencoba kopi susu na. perbedaan dengan kopi item adalah pemanis gula yang digunakan diganti dengan susu kental manis.

warung kopi ini tidak hanya menjual kopi tapi juga makanan berat. ada bacang, nasi tim, nasi campur atau mie kuah. jika tidak tertaik dengan menu yang ada di kedai ini kita boleh membeli makanan dari luar dan menyantap na di sini.

menu makanan favorit seperti na nasi campur karena saat rhe ke sana menu ini udah habis. coba merasakan mie kuah (20 rb) na, hampir sama dengan mie kuah kebanyakan dengan porsi normal.
mie kuah
jadi karena na memang warung kopi so... yang rekomen cukup kopi na aja. untuk makanan na, klo menemukan menu makanan yang lebih menarik dari luar, beli aja dan santap di dalam. -***-
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment