golden triangle

where i'm?
travel date: 14 july 2013

"i'm bulletproof, nothing to lose
 fire away, fir away
 ricochet, you take your aim
 fire away, fire away"

#titanium-david guetta

ga mau rugi adalah kata yang tepat untuk berkunjung ke golden triangle. kapan lagi dalam 1 waktu bisa berada di 3 negara? di sini lah spot na, tepat na di sungai mekong, myanmar-thailand-laos bertemu. jadi air sungai na sempat melintasi 3 negara. klo indonesia yang merupakan negara kepulauan dibatasi dengan laut, perbatasan antar negara adalah sekian kilometer dari garis pulau terluar, ntah bagaimana jika pembatas na adalah sungai. mungkin diambil titik tengah na.
sungai mekong
ntah pasti na seperti apa, tapi untuk melintas sungai mekong dari sop ruak, chiang saen, thailand harus melalui immigration checkpoint dan membayar 100 ฿ -harga ini termasuk tiket kapal (40 ฿)- untuk menyeberang ke luang prabang, laos. kita sudah dianggap melintasi 2 negara hanya dengan menyeberang sungai selama 5 menit berdiam di atas kapal.
thailand-laos border
biaya untuk melintasi perbatasan thailand-laos bisa dibilang lebih murah dibanding biaya untuk melintasi thailand-myanmar -wujud na hanya berupa jembatan dan dilewati dengan jalan kaki- yang saat itu masih menerapkan visa on arrival dengan membayar 500฿ -batal nyeberang myanmar-. sebanding dengan harga na, memang kawasan perbatasan thailand-myanmar di mae sai lebih ramai dan mudah diakses dengan angkutan umum dibandingkan dengan sop ruak. klo yang ingin merasakan suasana lokal, better ke mae sai, sedangkan yang ingin santai dan menikmati pemandangan, sop ruak lebih cocok.
tugu golden triangle
selain lebih murah dan sepi pengunjung, sop ruak juga menjadi titik perpisahan sungai mekong ke 3 negara tadi dan ditandai dengan sebuah tugu golden triangle. minus na 1, cuaca di bulan juli sangat terik. cobaan berat buat rhe yang ga bawa pelindung kepala -meleleh pening-. semua na tersembuhkan saat melihat deretan awan yang sangat kontras dengan background langit yang biru cerah.
-***-

related posts: 
- previous: hall of opium
- next: wat sop ruak
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. hi mau tanya dong km ke sininya gimana? sewa motor atau gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik songthaew dari chiang saen ke golden triangle, langsung turun di seberangnya. bentuk angkotnya seperti ini:
      http://bludstory.blogspot.co.id/2015/04/chiang-rai-songthaew.html

      Delete