semacam honeymoon di hanoi guest house

apa yang kau bayangkan ketika melihat bunga-bunga ini di kamarmu?
travel date: 20-24 maret 2014

     "dek, kamu nginep sama siapa di situ?" pertanyaan yang langsung diajukan mba' astri -kakak rista yang bekerja di bidang perhotelan- begitu rista mengirimkan foto kamar kami
     "sama rhe mba'"
     "beneran? bukan sama cowo'? karena sepertinya itu kamar honeymoon deh dek"

dan kami langsung ngakak bersama. iya, kamar yang kami pesan memang tampak seperti kamar untuk bulan madu. rista bahkan harus mengirim foto lanjutan kamar twin ini -bukan double bed- dengan aku di tempat tidur untuk semakin menyakinkan mba' astri. mengapa harus dibuktikan bahwa kamar ini twin? karena 1 ranjang saja cukup luas untuk ditiduri berdua. inilah penginapan termewah kami selama perjalanan ke luar negeri. dibandingkan guest house di thailand dan malaysia, guest house ini lebih terasa seperti hotel.

walaupun dilabel dengan guest househanoi guesthouse memberikan fasilitas dan pelayanan melebihi yang kami bayangkan. tidak menyangka bahwa apa yang mereka iklankan pada situs mereka sungguh serupa dengan kenyataan yang ada. mengingat tidak semua situs memberikan informasi sesuai kenyataan, biasanya dengan polesan yang sering mengecewakan pelanggan.
sesaji, lobby dan welcome drink penyelamat kami
begitu datang ke guest house yang berada di 85 ma may street, hoan kiem dist, hanoi ini, miss kim yang bertugas saat itu langsung memeriksa pesanan kami. ternyata kami datang sedikit lebih awal dari waktu check in sehingga kamar masih dalam persiapan. tapi sembari menunggu kami dipersilahkan menikmati welcome drink yang tersedia di lobby berupa orange dan lemon juice. pisang yang tersaji pun bebas diambil berapapun. mengingat cuaca hanoi yang panas siang itu dan perjalanan panjang yang kami tempuh dari nobai airport ke hanoi guesthouse, sajian ini terasa istimewa, segar.  

sebaiknya lakukan reservasi karena hanoi guesthouse memiliki reputasi cukup baik di kalangan traveler. sebelum kami, sepasang traveler dari malaysia sudah menunggu karena tidak melakukan reservasi sebelumnya sehingga masih menunggu kepastian dari petugas. selain mereka, ada juga pasangan bule yang baru datang dan langsung pergi begitu mengetahui tidak terdapat kamar kosong lagi.
twin room yang penuh bunga
begitu kamar kami siap, kami langsung diantar menuju lantai 3 menggunakan lift. tidak seperti loan vu di ho chi minh yang masih menggunakan tangga, di sini terdapat fasilitas lift ke semua lantai. kamar kami berada tepat di sebelah kanan lift dan -katanya- merupakan kamar terluas di lantai itu. ntah apakah informasi ini benar atau tidak, tapi yang aku tahu adalah kami melongo mengetahui kondisi kamar seluas 25 m2 ini. 

pertama, kamar ini memang benar-benar luas. aku dan rista tidak harus membagi zona kamar karena kami bebas menyebar barang kami dimana pun dan ruangan masih tetap terasa lega. kedua, karena dekorasi kamar ini, hiasan kelopak bunga yang ditata cantik di atas ranjang. bunga di sini tidak hanya dipasang di ranjang tetapi di setiap meja yang ada di dalam kamar. kami sempat berpikir bahwa bunga-bunga ini adalah sisa sesaji -mengingat setiap tempat di vietnam selalu mempunyai meja doa seperti yang ada di lobby- yang sudah tidak digunakan lagi. tetapi dari mana pun asalnya, hiasan ini indah dan membuat kami mengaguminya selama 30 menit, tidak berani merebahkan diri walau lelah sudah menggelayuti badan yang belum tidur properly. ketiga, dengan harga kamar 24 usd -termasuk sarapan-, banyak fasilitas yang disediakan kamar ini mulai dari ac dan fan, tv cable, minibar, safe deposit box, free wifi dan complimentary berupa air mineral, teh, kopi dan -yang paling menggembirakan- 2 macam snack :)
tampilan kamar private bathroom
beranjak ke kamar mandi, kami mendapatkan private bathroom dan tidak harus berbagi dengan penghuni lain. tidak hanya shower air panas yang disediakan tetapi juga bathtub dengan amenities lengkap. dan yang paling membuat rista puas dan tidak khawatir untuk memulai harinya yaitu hairdryer! dan lagi-lagi, semua ini ditata dengan cantik. puas dengan kondisi kamar, kami mulai berbenah dan memastikan tour untuk esok hari.

tidak hanya menyediakan layanan kamar, hanoi guesthouse juga menyediakan paket wisata hanoi yang bisa dipesan di travel desk. kami memesan tour ke hoa lu-tam coc dan halong bay melalui penginapan ini masing-masing dengan 3 jenis paket yang ditawarkan: standard, superior dan deluxe
menu sarapan
selanjutnya, sebelum memulai hari, kami selalu menggunakan fasilitas free breakfast yang disediakan. menu utama seperti pho, banh mi, sticky rice atau makanan berat lainnya dapat dipesan ke dapurnya. sedangkan teh/kopi, buah dan complimentary breakfast dapat kau ambil sendiri. restaurant di sini memang tidak luas, tetapi cukup menampung penghuni yang butuh sarapan. kau dipastikan mendapatkan bangku, tetapi sebaiknya turun lebih pagi untuk mendapatkan pilihan complimentary breakfast yang masih cukup lengkap. bagaimana, tertarik menginap?
-***-
related posts: 
previous: 
- next:
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment