pantai kesirat, pantai tersembunyi di selatan jogja


can you guess where is it?
gunung ketur
o, gunung kidul
bukan, gunung ketur

percakapan ini sering terjadi jika ada yang bertanya tentang rumahku. sebagai orang rantau yang berasal dari jogja, menjadi kebangaan tersendiri saat menyebut kota asalku ini. tapi lebih sering sewot jika mereka salah memahami nama daerahnya. gunung ketur itu di kota tetapi gunung kidul perkara lain.

bagi orang jogja, kau pasti akan memahami perbedaannya. tetapi ketika akhirnya aku berkunjung ke gunung kidul dan menyaksikan perkembangannya saat ini, ok, aku tidak akan sewot lagi jika disangka orang gunung kidul. gunung kidul -dalam ingatanku- adalah daerah yang terkenal dengan image tandus dan kering ternyata menyimpan pesona alam yang luar biasa.
batuan khas gunung kidul
sebagai salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan laut selatan -selain bantul dan kulon progo-, kekayaan alam pantai di kabupaten ini tak terhitung jumlahnya. ada yang sudah menjadi tempat wisata resmi, ada yang belum. ada yang sudah terjamah, ada yang belum. ada yang sudah dikenal luas, ada yang masih kalangan terbatas. salah satunya adalah pantai kesirat.

akses ke pantai kesirat bisa dibilang mudah, jalanan mulus sampai sebelum parkiran lokasi wisata. mengingat beberapa daerah kabupaten belum mendapatkan akses jalan yang layak, maka akses ke pantai kesirat dapat dibilang bagus. kecuali lebar jalan begitu keluar dari jalan utama yang hanya muat dilalui 1 mobil saja. dari jogja dapat melalui jalan imogiri barat maupun timur sampai bertemu jalan panggang. setelahnya cukup mengikuti jalan yang ada dan sampailah kita di lokasi wisata.
pantai kesirat
lokasi wisata yang masih dikelola warga dan belum memungut retribusi ini tergolong sepi jika dibandingkan dengan wisata pantai lain di kawasan gunung kidul. alasan ini menjadi pendukung yang membuat pantai ini tampak indah, terjaga keaslian dan kebersihannya. pesona lain yang membuat pantai kesirat berbeda dengan pantai-pantai lain adalah garis pantainya yang tidak berupa pasir tetapi bebatuan

pesisir pantai kesirat merupakan perbatasan langsung antara laut dan gugusan batuan beku yang menjadi bukti adanya gunung api purba. sesuai dengan nama kabupatennya, gunung kidul, tidak heran jika banyak perbukitan di kawasan ini. selain itu di bagian lain juga terdapat batuan karst yang menunjukkan bahwa kawasan ini dahulunya adalah dasar laut.
pesisir pantai kesirat
batuan karst berasal dari terumbu karang dengan irisan tajam, runcing dan banyak rongga. bagian timur pantai kesirat didominasi dengan batuan jenis ini, berkelompok maupun tersebar diantara rerumputan hijau seperti padang. sedangkan dari arah kedatangan batuan yang ada tertutup tanah liat dan lebih terlihat seperti padang rumput. di padang inilah terdapat pohon yang menjadi icon pantai ini.

dominasi bebatuan ini yang membuat pantai kesirat berbeda dengan pantai kebanyakan yang menyajikan pemandangan pasir pantai. jangan berharap bermain basah-basahan di pantai ini karena butuh usaha lebih untuk turun ke garis pantai. kau harus menuruni tebing curam dengan tangga bambu supaya bisa sampai di pesisir pantainya.
pohon pantai kesirat
jika kau belum puas bermain di pantai kesirat karena tidak merasakan pasir pantai, maka kau dapat mencoba kunjungan ke pantai wohkudu yang berada satu kawasan dengan pantai ini. akses masuk ke pantai wohkudu ada sebelum pantai kesirat. hanya saja karena aksesnya dari perbukitan maka pengunjung harus melalui perjalanan menurun terlebih dahulu sebelum sampai ke pesisir pantai. tertarik untuk mencoba? -***-
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. ah jadi inget aku pernah camping disini. syahdu suasananya, tp ya ga bakal nemuin pasir :D. btw pantai ini menghadap ke barat, jadi bisa nyunset disini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seru tu pasti. banyak lapak buat diriin tenda. berasa di padang rumput mana gitu.... :)

      Delete