melintas ke masa kolonial dari jembatan kota intan

jembatan kota intan
"under the bridge downtown
 is where i drew some blood
 under the bridge downtown
 i could not get enough"

#under the bridge-red hot chili peppers 

aku tidak berhasil menemukan sejarah lengkap jembatan ini di lokasi saat tanpa sengaja mengunjunginya minggu lalu. jembatan yang dibangun di daerah bernama kota intan ini semula dinamakan engelse burg -jembatan inggris- melintasi kali besar untuk menghubungkan benteng belanda dan inggris. jembatan ini beberapa kali mengalami pergantian nama setiap kali selesai perbaikan. bentuk yang ada saat ini adalah hasil perbaikan pada 1938 yang mengubah jembatan ini menjadi jembatan gantung untuk mencegah kerusakan akibat banjir dan erosi air laut. walaupun saat ini sudah tidak dapat dibuka tutup lagi, tapi bentuk asli jembatan dengan roda pengangkat masih bisa ditemui. 

jembatan kota intan masih berdiri kokoh walaupun merupakan jembatan tua. masuk sebagai cagar budaya dan karena usianya yang tua, di sekitaran jembatan ditutup dengan pagar supaya tidak banyak orang yang berlalu-lalang di atasnya. tapi karena spot sejarah yang photogenic ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, maka dinas pariwisata kota mengijinkan pengunjung masuk dengan membayar biaya perawatan kebersihan sebesar 2500. untungnya jembatan kayu ini memang terawat bersih dan aku sempatkan untuk mengabadikan diri di atasnya. hanya sayang, aku tidak dapat berdiri di sini terlalu lama karena aroma semerbak yang menguar dari kali besar di bawahnya. semacam sampah yang mengalir, tidak memberikan rasa nyaman bagi hidung pengunjung.
jembatan gantung kota intan dan pengungkitnya
memijak jembatan ini seakan mengenang kembali batavia jaman dahulu, dengan sungai sebagai akses transportasi andalan. bahkan jika kita perhatikan baik-baik, bangunan-bangunan penting pada saat itu selalu terhubung atau berada di sekitar kanal. kejayaan batavia lama ternyata menarik beberapa orang baik wisatawan asing maupun dalam negeri untuk mengeksplorasi tempat ini. saat aku datang ke sini pun banyak pasangan yang memilih tempat ini sebagai lokasi foto pre wedding mereka. baik yang bertema masa kolonial maupun yang hanya memanfaatkan view dari lokasi ini saja.
temukan penampakan pasangan belanda
foto di atas adalah salah satunya. apakah kau berhasil mengidentifikasi pasangan yang bergaya kolonial di dalamnya? ;)
 -***-
previous: -
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment