angon bocah ke taman sari

gedhong sekawan taman sari
taman sari, wisata sejarah budaya ini sering direkomendasikan jika kau hanya berkunjung di jogja tidak lebih dari 1 hari. lokasi wisata yang mudah dijangkau dari pusat kota, malioboro maupun keraton ini menjadi incaran wisatawan. tempat yang selalu ramai saat liburan maupun hari biasa ini menyimpan beberapa fakta yang mungkin sering terlewat oleh turis yang hanya berburu foto atau melakukan kunjungan singkat.

untuk ke sekian kalinya ngangon anak-anak ke taman sari, inilah kali pertama aku lupa waktu. menemani 3 cowok yang katanya cukup berkunjung 2 jam tapi kenyataannya sampai nyaris ketinggalan kereta ke jakarta. taman sari yang dibangun oleh hamengku buwono i telahjauh menyusut dari luas dan bentuk aslinya. tetapi sisa yang tertinggal tetap menyimpan pesona di setiap bagiannya.
akses masuk taman sari
pintu masuk ke taman sari saat ini dahulunya merupakan pintu belakang dari tempat taman rekreasi keluarga keraton. sebutan taman sari sendiri sekarang identik dengan kolam pemandian umbul binangun. sedangkan bagian taman lain yang diperkirakan seluas 10 hektar sudah berubah menjadi pemukiman penduduk. 

dua bangunan kecil semacam pos di dekat penjualan tiket masuk disebut gedhong temanten yang merupakan tempat penjagaan. sedangkan bangunan tempat pemeriksaan tiket disebut gapura panggung. bangunan berlantai 2 ini memiliki relief ular yang menandakan tahun selesai dibangunnya taman sari. masuk ke gapura panggung terdapat gedhong sekawan yang merupakan taman dengan dengan 4 buah banguan yang digunakan sebagai tempat istirahat sultan. 
gapura panggung taman sari
beberapa bagian dari gapura panggung dan gedong sekawan ada yang sudah mengalami renovasi. tetapi beberapa bagian masih menyisakan bentuk lamanya. termasuk pintu kayu lapuk yang menjadi pembatas bangunan ini dengan komplek pemukiman penduduk.

pintu lain di gedhong sekawan terhubung ke umbul binangun yang menjadi pusat wisata taman sari. terdapat tangga menurun dari pintu ini ke bekas pemandian sultan, selir dan putri-putrinya. pemandian yang dikelilingi tembok tinggi ini terdiri dari 3 kolam. dua kolam di bagian utara adalah umbul kawitan dan umbul pamuncar. sedangkan sebuah kolam di bagian selatan adalah umbul panguras yang dikhususkan untuk sultan. sebagai pemisah terdapat bangunan 3 lantai yang digunakan sultan untuk mengamati selir dan putri-putrinya.
umbul binangun taman sari
konon katanya ketika masih terdapat danau buatan, umbul binangun dapat diakses menggunakan perahu dari keraton. terdapat sungai khusus yang menghubungkan umbul binangun langsung ke keraton. saat ini keberadaannya tidak dapat dipastikan karena tertutup pemukiman penduduk.
 
bagian dalam menara ini terdiri dari 2 sayap. sayap barat terdapat semacam rak yang mungkin digunakan untuk meletakkan baju. sedangkan sayap timur terdapat dipan panjang dengan tungku di bawahnya. semacam tempat sauna satu ruangan. walaupun tidak terlalu tinggi tapi sirkuasi udara di sini sangat bagus sehingga terasa sejuk di walaupun cuaca di luar sangat panas.
bagian dalam menara umbul binangun
mendaki keluar umbul binangun terdapat halaman luas yang saat ini digunakan penjual cindera mata dan minuman. bagian tengahnya terdapat garis segi delapan yang dulunya berdiri menara 2 lantai yang disebut gedhong lopak-lopak. sepertinya menara ini terbuat dari kayu sehingga saat ini sudah tak bersisa.

halaman ini juga dibatasi tembok dengan pintu utama berupa gapura yang lebih besar dibanding gapura panggung. gapuranya disebut gapura hageng karena merupakan gapura utama dan berukuran besar. berhiaskan relief bunga dan burung yang menunjukkan tahun awal dibangunnya taman sari, gapura ini memiliki ruang 2 tingkat. sayangnya gapura hageng sudah tidak berfungsi dan diberi pagar besi karena langsung berbatasan dengan pemukiman penduduk.
gapura hageng taman sari
masih dalam kompleks taman sari, keluar ke barat daya dari halaman utama terdapat akses ke sumur gumuling atau dikenal dengan masjid bawah tanah. disebut demikian karena bangunan melingkar ini dahulu digunakan sebagai tempat ibadah sultan dan harus dicapai melalui terowongan bawah tanah. sumur gumuling terdiri dari 2 lantai, bagian bawah untuk pria dan bagian atas untuk wanita. di tengah sumur terdapat kolam air yang digunakan sebagai tempat wudhu.

hasil pemugaran kompleks taman sari memberikan akses yang lebih mudah ke lorong bawah tanah dan sumur gumuling. bagian dalamnya sudah dilengkapi dengan lampu penerangan sehingga tidak terlalu berkesan mistis saat malam hari. namun ada yang percaya jika kau memiliki 'ilmu' tertentu maka kau tidak dapat masuk ke dalam lorong bawah tanah.
sumur gumuling taman sari
arsitektur sumur gumuling memang cukup menarik bagi pecinta fotografi dan tak jarang digunakan sebagai lokasi foto pre wedding. ntah apa ilmu apa yang digunakan para agen foto ini yang mampu menciptakan spot sepi untuk beberapa saat di tengah keramaian pengunjung untuk para klien mereka. rasanya ingin kucek-kucek mata melihat sesaat spot di tengah sumur gumuling tidak ada cendol. ayo coba, apakah kau bisa melakukannya?
-***-
doc: rhe, ojan, mifta
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Tamansari memang cantik untuk foto-foto. Detail dari ukiran dan bentuk bentuk tembok sangat artistik dan indah untuk dipandang lama-lama. Dan semua pengunjung pastinya sependapat makanya tempat ini tidak pernah sepi dari wisatawan. Jadi agak susah mau ambil gambar yang eksklusif. Para fotografer wedding mungkin punya jamu khusus kali ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus minta resep jamunya kali ya mba', biar punya jurus seperti mereka :)

      Delete