hijau singapura ada di bukit batok

pond plaza bukit batok
"feel the sky heart won't lie
 for everything you denied
 show your love
 'cause it's wonderful"

#free your mind-maliq and d essentials

aku yakin kau pasti pernah mencicip wisata singapura, atau minimal mendapat buah tangan dari sana. negara yang hampir seukuran jakarta ini sering menjadi tujuan wisata karena tiket penerbangan ke sana sering lebih murah dibanding penerbangan domestik. jujur, beberapa kali aku mendarat di negara ini, belum pernah sekali pun aku keluar dari bandaranya. idealisme mengikatku untuk tidak berkunjung ke suatu tempat yang hanya menyajikan wisata belanja dan pemandangan pencakar langit.

namun idealisme itu luluh setelah mengetahui ada juga zona hijau di kota ini. buatan memang, tapi tetap saja cerita baru untuk kunjungan ke singapura supaya tidak itu-itu saja. bukit batok nature park berada di kawasan perumahan bukit batok. daerah ini pernah menjadi lokasi industri yang diubah dari sebuah desa menjadi kota pada masa perang dunia kedua. tak heran jika di sini terdapat bukit batok memorial sebagai peringatan untuk para tentara jepang yang telah wafat.
bukit batok nature park
bukit batok memorial berada di lorong sesuai menggantikan tugu peringatan yang semula berupa 2 buah pilar di puncak bukit dengan 120 anak tangga. saat ini yang tertinggal hanyalah anak tangga dengan memorial bentuk seperti buku terbuka. sedangkan puncak tempat tugu peringatan semula berdiri diganti dengan menara transmisi.

lorong sesuai lebih sepi pengunjung karena warga kebanyakan memanfaatkan bukit batok nature park sebagai area jogging. dengan luas sekitar 36 hektar, bukit batok national park menyajikan pemandangan hutan mini dengan habitat yang dilindungi. tidak boleh memetik buah, tidak boleh berburu binatang dan tidak boleh berenang.
jogging track di bukit batok nature park
namun di samping larangan tersebut, kawasan ini juga dilengkapi dengan jalur yang rapi dengan titik-titik istirahat yang memadai. selain itu fasilitas perlengkapan olahraga lainnya juga dibangun di dekat pond plaza yang menjadi titik kumpul utama lokasi ini. menyajikan pemandangan bukit mini dengan kolam luas. tidak jernih memang, tapi tetap saja cukup untuk menyajikan suasana hutan di tengah kota.

jika kau ingin mencoba merasakan nature walk di singapura, berkunjunglah ke sini! :) -***-
NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Malah baru tahu ada yg hijau gini. Masukin list :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa sepatu yang nyaman, siapa tahu bisa sambil running or sekedar jogging :)

      Delete
  2. Kak ...buah tangan itu buah apaan ??? bentuk nya kayak tangan gitu kah ?? #laluDigampar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah yang tumbuhnya di tangan kak -mutan dunk- :D

      Delete